Saturday, July 25, 2020

Rumus Kimia Kalsium Karbonat dan Kegunaanya

Kalsium Karbonat adalah merupakan bahan kimia yang sering digunakan oleh banyak bidang industri dimana di dalam dunia ini diperkirakan 4% mengandung kalsium karbonat , penggunaan kalsium karbonat di dunia moderen diperkirakan akan semkain meningkat hingga 160 ton , tentunya dibidang bahan kimia kalsium korbanat sangat di butuhkan dalam pembuatan bahan berbagai macam bidang seperti kesehatan / farmasi bahkan pertanian.


Kalsium Karbonat


Adapun rumus kimia dari kalsium karbonat adalah CaCO3  , jika kalian masih belum memahami bagaimana turunan rumus kimia kalsum karbonat bisa di buka kembali buku kimia kalian dan tabel periodiknya.  Dimana Ca merupakan rumus kimia dari kalsium dan CO merupakan rumus karbon, pembedaan nya adalah pangkat 3 CO sehingga rumus kimia dari kalsium karbonat adalah CaCO3.
Lalu kegunaan kalsium karbonat di dunia ini adalah sebagai berikut:
  1. Dalam bidang pertanian penggunaan kalsium karbonat adalah sebagai bahan untuk meningkatkan penyerapan zat-zat hara penting, seperti nitrogen, fosfat dan kalium dari dalam tanah yang bersifat asam oleh tanaman. Sehingga biasanya kalsium karbonat digunakan sebagai bahan dasar pupuk urea.
  2. Dalam bidang pertambangan kalsium karbonat digunakan untuk proses pemisahan besi dengan biji besi murni dimana proses ini memang memakan sekali banyak waktu jika tidak menggunakan kalsium karbonat.
  3. Dalam bidang farmasi penggunaan kalsium karbonat digunakan untuk bahan antacid atau zat anti asam , digunakan juga sebagai bahan dasar pembuatan suplemen kalsium.
  4. Pada industri gelas, baja dan kertas, kalsium karbonat digunakan dengan cara didekomposisikan menjadi karbon dioksida dan kapur. Kalsium Karbonat digunakan pada pembuatan glossy paper dan kertas bebas asam.
  5. Dalam pembuatan pasta gigi juga menggunakan kalsium karbonat sebgai bahan dasar pembuatannya
  6. Dalam dunia pendidikan kalsium karbonat juga berperan dalam pembuatan alat tulis kapur yang digunakan para guru menulis di papan, walaupun sekrang sudah digantikan oleh tinta.
  7. Kalsium karbonat adalah salah satu bahan yang digunakan pada industri pembuatan semen portland.
Dari berbagai macam kegunaan kalsium karbonat tadi dan mengetahui rumus kimianya, tidak heran jika penggunaan tiap tahun akan semakin meningkat penggunakan bahan kimia kalsium karbonat, karena dari segi kegunaannya sangat banyak dan banyak dibutuhkan oleh berbagai macam bidang industri.

1 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih