Sunday, June 22, 2014

Apa Itu Isolator

Benda yang termasuk isolator memiliki beberapa ciri yang sangat mencolok terutama pada bahan baku dari benda isolator tersebut, benda yang masuk dalam golongan isolator sendiri adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dan listrik, benda ini terkdang digunakan sebagai pengaman pada bahan penghantar baik itu bahan panas maupun bahan penghantar listrik seperti kabel.

Apa itu isolator sendiri adalah bahan atau benda yang membuat kita aman untuk menggunakan bahan konduktor, sperti halnya sebuah panci pasti ada bahan induktor yang digunakan untuk sebagai tempat memegang panci agar tangan kita tidak panas, namun perlu dicermati bahan isolator merupakan bahan yang sepenuhnya tidak akan bisa dibakar melainkan bahan penghambat, karena ketika bahan isolator dibakar dengan api maka hasilnya adalah bahan isolator tersebut akan terbakar.

Apa itu isolator sendiri secara fisika menurut para peneliti adalah suatu benda yang tidak memiliki kerapatan paartikel yang sangat tinggi sehingga proses perambatan suhu panasnya tidak cukup baik untuk memindahkan panas yang diterima menuju ke seluruh bagian benda tersebut, itu sebabnyalah isolator tak sepenuhnya dapat menghalau panas atau arus listrik, ada beberapa hal kriteria yang mempengaruhi dari fungsi sebuah isolator.


Apa itu isolator

Apa itu isolator memiliki fungsi sebagai penghambat arus listrik dan panas, yang memiliki beberapa kriteria yang harus diberikan agar fungsi dari isolator dapat bekerja pada suatu benda, seperti halnya pemasangan gagang panci dan pembungkus kabel yang terbuat dari karet, pemberian isolator memiliki perhitungan menurut banyak, tebal dan lebarnya sebuah isolator itu. Jika sebuah konduktor yang berada dalam suatu benda atau barang itu besar maka pemberian isolator akan diperbanyak dan dipertebal supaya tidak akan ikut meleleh karena panas dari konduktor.

Pernahkah kalian mengamati sebuah kabel? Mengapa kabel memiliki ukuran yang berbeda – beda? Dalam pembuatan kabel para ahli telah mengukur kekuatan arus dan isolator kabel yang membugkusnya sehingga dapat ditemukan kriteria ukuran kabel listrik sesuai dengan arus yang akan dialirkan, kalau tidak dan mengabaikan ukuran kabel tersebut yang terjadi adalah bahan isolator kabel atau pembungkusnya akan ikut meleleh karena arus listrik.
Apa itu isolator jika belum jelas akan saya ber gambaran beberapa atau apa saja jenis – jenis isolator jika anda masih bingungd an tidak mengeti, bahan isoltor adalah seperti berikut:

  1. Karet
  2. Kertas
  3. Kayu
  4. Lem
  5. Plastik
  6. Kain
  7. Dan lain – lain.

Kini sudah mengeri kan Apa Itu Isolator? Jika masih belum jelas anda bisa membaca artikel IPA Isolator dan Konduktor Panas.

1 comments:

  1. Materi ini sudah ada sejak SD gan :) cuman jarang ada yang mengingatnya
    http://www.crackershare.com/

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih