Friday, October 25, 2013

IPA Isolator Dan Konduktor Panas

Isolator dan Konduktor Panas
A. Penjelasan
Dalam materi ini kita akan membahas tentang panas (Kalor) yang dapat merambat ataupun tidak dapat meramabat, dalam kehidupan sehari-hari bahan yang dapat menghantarkan panas disebut bahan konduktor  dan bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator, Benda-benda yang termasuk konduktor adalah seperti : besi, seng, almunium, temabaga dan lain sebagainya, dan benda benda yang termasuk isolator adalah : plastik,wol, kertas kain dan lain sebagainya. Konduktor dan Isolator juga mempunyai manfaat yang berbeda-beda seperti halnya dalam pemanfaat arus listrik yang mengunakan kabel, pada kabel isolator dan konduktor disatukan agar dapat aman saat digunakan dalam mengalirkan arus listrik.jika anda ingin memahami lebih tentang pemanfaatan benda isolator dan konduktor panas baca juga artikel Manfaat Isolator Dan Konduktor Panas

IPA Isolator Dan Konduktor Panas
Mendidentifikasi Benda Isolator Dan Konduktor
1. Wajan dan Panci
Wajan dan panci merupakan benda konduktor, karena terbuat almunium yang dapat menghantarkan, mengapa benda-benda di dapur yang digunakan untuk memasak makanan menggunakan almunium? Almuniam adalah salah satu konduktor yang dapat menghantarkan panas yang hampir sama baiknya dengan tembaga,  dipilihnya almuium sebagai alat dapur karena almunium sangat ringan dibanding dengan tembaga yang sangat berat apabila digunakan sebagai alat masak.
2. Setrika
Setrika merupakan bahan konduktor karena dapat menghantarkan panas yang dirubah dari energi listrik menjadi energi kalor karena itu setrika termasuk benda konduktor yang dapat menghantarkan panas.
3. Jaket
Jaket merupakan bahan yang terbuat dari kain, dan kain merupakan benda isolator isolator merupakan benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik.
4. Plastik
Pada zama sekarang ini adalah dapat dikatakan zaman plastik karena semua barang-barang manusia terbuat dari plastik yang tidak mudah hancur, yang dapat mencemari lingkungan. Plastik merupakan bahan isolator yang dapat menghambat kalor biasanya diguankan untuk membungkus kabel atau bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan kalor.

Manfaat Konduktor Dan Isolator
Manfaat Konduktor
  • Digunakan untuk alat memasak
  • Sebagai alat yang digunakan untuk menghantarkan listrik
Manfaat Isolator
  • Digunakan untuk melapisi konduktor agar tidak panas
  • Sebagai pembungkus kabel aliran listrik
Perubahan – Perubahan Energi Kalor
1. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Kalor
Energi listrik berubah menjadi energi kalor adalah yang terkadang terdapat pada barang elektronik yang menghasilkan panas, contohnya adalah : setrika, ricecoocker, dan lain-lain.
2. Perubahan Energi Kalor Menjadi  Energi Listrik
Energi kalor yang berubah menjadi energi listrik adalah salah satu sumber dari listrik yang biasanya disebut dengan pembangkit listrik tenaga panas bumi (Geotermal) pemanfaat energi kalor menjadi listrik ini merupakan salah satu penemuan yang dapat bermanfaat dan ramah lingkungan untuk menghasilkan listrik dari pada pembangkit listrik dengan menggunakan nuklir yang dapay berbahaya bagi kesehatan jika bocor.
3. Perubahan Energi Gerak Menjadi Kalor
Energi gerak yang berubah menjadi energi kalor terdapat pada mesin sepeda motor yang bergerak, pernakah kamu mengamati mesin yang lama-kelamaan  mesin tersebut akan panas, itu merupakan perubahan energi gerak menjadi energi kalor.
4. Perubahan Energi Kalor Menjadi Energi Gerak
Energi kalor yang berubah menjadi energi gerak adalah salah satu perubahan energi yang terjadi pada mesin uap, pada tahun 1700 an mesin uap sempat menjadi salah satu mesin yang canggih dan banyak digunakan sampai sekitar tahun 1900 an, diaman mesin upa digunakan untuk menjalankan kereta api, mobil dan lain sebagainya, penemuan mesin uap pada zaman itu yang memanfaat tenaga kalor menjadi energi gerak merupakan salah satu yang tercanggih di masa itu.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih