Sunday, April 19, 2020

MATERI BTQ HUKUM NUN SUKUN dan TANWIN


Perlu di ingat hukum bacaan nun sukun dan tanwin ini berlaku apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf-huruf hijaiyah pada masing-masing hukum bacaan.
Pada dasarnya hukum nun sukun dan tanwin ini di bagi menjadi lima yakni

MATERI BTQ HUKUM NUN SUKUN dan TANWIN
MATERI BTQ HUKUM NUN SUKUN dan TANWIN

1. Idghom bighunna -> yang memiliki arti memasukkan dengan berdengung. Adapun huruf dari idghom bighunnah ini terdiri dari ي و م dan ن. Dari huruf tersebut apabila bertemu dengan nun sukun atau bertemu dengan tanwin maka hukum bacaan tersebut di namakan idghom bighunnah.
Contoh : وَمَنْ يُشَاقِّ اللَّ
Dalam bacaan tersebut terdapat nun sukun yang bertemu dengan ي

2. Idghom billaghunna -> yang memiliki arti memasukkan tanpa berdengunh. Adapun huruf dari idghom billaghunnah ada dua yaitu ل dan ر. Dari huruf tersebut apabila bertemu dengan nun sukun atau bertemu dengan tanwin maka hukum bacaan tersebut di namakan idghom billaghunnah.
Contoh: مِنْ رَ بِكَ
Dalam bacaan tersebut terdapat nun sukun bertemu dengan ر

3. Iqlab -> memiliki arti mengganti, sedangkan huruf iqlab hanyalah satu yaitu ب. Berdasarkan huruf tersebut apabila bertemu dengan nun sukun atau bertemu dengan tanwin maka hukum bacaan tersebut di namakan iqlab.
Contoh: مَنۡ بَعَثَنَا
Dalam bacaan tersebut terdapat nun sukun bertemu dengan ب

4. Idzhar / idzhar haqiqi -> memiliki arti jelas. Huruf idhar ada 6 yaitu ء ح خ ع غ ھ, Berdasarkan huruf tersebut apabila bertemu dengan nun sukun atau bertemu dengan tanwin maka hukum bacaan tersebut di namakan idzhar
Contoh: مَنْ خَفَّتْ
Dalam bacaan tersebut terdapat nun sukun bertemu dengan خ

5. Ikhfa / ikhfa haqiqi -> memiliki arti menyamarkan. Adapun huruf ikhfa ini ada 15 yaitu terdiri dari : ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك, Berdasarkan huruf tersebut apabila bertemu dengan nun sukun atau bertemu dengan tanwin maka hukum bacaan tersebut di namakan ikhfa.
Contoh: مِنْكُمْ
Dalam bacaan tersebut terdapat nun sukun bertemu dengan ك

Demikian lah materi mengenai hukum bacaan nun sukun dan tanwin semoga teman-teman semua dapat segera memahaminya. Namun yang perlu diingat agar teman-teman mudah mengingat dan paham kunci utamanya adalah yakin dan rajin belajar karena pada dasarnya ilmu tajwid itu sangat penting terutama untuk mengetahui hukum bacaan-bacaan yang ada si Al-Qur'an agar bacaan yang kita baca baik dan benar.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih