Toyota Unbound (Ketidak Terbatasan Toyota)
Di tahun 1996 ,
Progemmer dari toyota mencoba menaikkan angka minat konsumen terhadap mobil.
Karena dalam percobaan pemasaran rata-rata pengguna mobil menurun dari 90 hari
sampai 10 hari terakhir.
Berkat kerja para
progemmer tersebut. Website toyota “GAZOO.COM” yang tadinya biasa saja di
kalangan internet kini menjadi populer. Dengan lebih dari 50 penjual, 500
anggota dan 2600 pelanggan baru tiap harinya, website ini ramai dengan konsumen
yang kini bisa memesan berbagai barang-barang yang ditawarkan oleh GAZOO.COM
hanya dengan membayar kemudian konsumen bisa mengambil pesanannya dilain waktu.
PACE OF CHANGE (Laju Perubahan)
Dalam
hal ini, GAZOO.COM menjadi saingan berat. Namun meskipun demikian tidak ada
bantahan apa yang terjadi dengan toyota saat ini. Toyota tetap menatap untuk
menjadikan Toyota menjadi tawaran mobil terpopuler di jepang bahkan di dunia.
Menurut analisa anggaran, dalam 5 tahun ini, Toyota akan memperoleh keuntungan
hingga 20%.
Karena
itu Toyota mendapatkan penghargaan darai Toyota High-Lech sebesar $192 Miliar.
Hal itu membuat harga Toyota menjadi lebih dibanding dengan kendaraan pada
umumnya.
Meskipun
jatuh bangung Toyota membawa namanya selangkah lebih maju lagi, kini toyota
berhasil menjual 1,8 miliar kendaraan per tahun. Di tengah-tengah pesaing yang
kuat dan banyak bantahan-bantahan lain.
Dan
pada akhirnya, Okuda pemimpin Toyota mempunyai salah satu costumer terbaik dari
20 juta kostumer yang kaya dengan kemungkinan 30 juta yang pergi ke luar
negeri.
EXPLODING ( Ledakan)
Dengan
berbagai faktor yang dapat dilihat berkat segala hal yang dilakukan pemimpin
Toyota dengan anak buahnya. Internet menjadi peluang terbaru dan investasi
tercepat di jepang, meskipun GAZOO.COM sendiri belum mengembalikan modal
sebagai keuntungan. Toyota mencoba memberanikan diri menyamakan / menserikan
diri dengan perusahaan mobil lainya. Biarpun demikian, Okabe (pegawai) sangat
menyukai GAZOO. Karena GAZOO bisa memikat hati costumer , GAZOO juga akan
menjadi peringatan Okabe dalam memilih mobil baru / bila tertarik dalam
pembelian mobil.
Saat
perusahaan telekomunikasi ikut masuk, Toyota akan mematok 13% telekomunikasi
terbaru dalam usaha pemasaranya. Hal ini menjadikan perusahaan telekomunikasi
Jepang terbesar kedua.
Vastly Ambitious (Ambisi Kuat)
Dengan
adanya modal, tahun depan Toyota akan memperkenalkan kartu kreditnya sebagai
bantahan kartu kreditnya tidak menawarkan untuk bergabung, Toyota ingin isu
tentang kartu kredit bisa membuat kostumer lebih memilih melunasi pembayaran
secara online.
Itu
semua membuat Toyota mulai merencanakan ambisi, serta memulai membandingkan
serangan balik Toyota terhadap keputusan perusahaan tahun 1930 merubah cara
dalam pembentukan / pembuatan mobil.
` Toyota
memulai strateginya saat tiba-tiba nama Presiden Jepang terus-terusan muncul
dengan menaikkan keuntungan bisnis ke dalam pusat bisnis.
TRUCK OFFENSIVE ( Meningkatkan Serangan)
Saat
ini Toyota sudah mempunyai 40% market share di Jepang. Total market share
Toyota sudah mencapai point yang ditentukan. Tapi divisi Toyota menginginkan
The North American memproduksi setengah mobil setengah mikrolet. Dan Toyota
tinggal berharap semoga costumer lebih memilih & merespon lebih terhadap
produknya.
Strategi Management
merupakan hal penting dalam managemen internasional. Salah satu contohnya
adalah perjalanan Toyota dalam mencapai tujuannya. Bagaimanapun Toyota
membutuhkan strategi yang efektif dalam menjalankan strategi managementnya
International
Strategic Planning
Yaitu
proses penentuan dasar misi suatu organisasi dalam jangka panjang kemudian
melakukan tindakan perencanaan dalam mengejar dan mencapai tujuan usaha
The
Growing Need For Strategic Planning
Alasan
dalam perkembangan usaha memerlukan Strategi Planning ialah untuk memelihara / mempertahankan jalur usaha kita dengan
operasi yang semakin meningkat dan berkelanjutan ke lingkungan internasional.
Benefits
Of Strategic Planning
Strategi
Planning dapat membantu sebuah usaha dalam mengkoordinasi serta memantau
operasi usaha kita dari jarak jauh. Meskipun Strategi Planning bisa disamakan
dengan pelunasan tapi Startegi Planning merupakan salah satu aspek penting
dalam internasional manajemen, sebagai
sarana yang akan mempersiapkan proses menuju kesuksesan.
Approaches
To Strategic Planning
Ada
4 (empat) cara untuk memunculkan Strategi Planning :
1. Fokus
pada kegiatan ekonomi yang memang diperlukan.
2. Menempatkan
kegiatan politik yang memang perlu.
3. Mengutamakan
kualitas yang perlu.
4. Melaksanakan
adminsitrasi serta mengkoordinasi semua strategi.
Economic
Imperative
Strategi
ini digunakan saat produk dianggap sebagai barang bagus / umum / lazim, oleh
karena itu harus dijual dengan koordinasi keuangan yang mendukung strategi ini
juga digunakan dalam mematok harga (menggaji) pegawai, berdasarkan dengan jiwa
kepimimpinan, perbedaan, serta pengetahuan segmentasi.
Political
Impertaive
Strategi
ini digunakan untuk mempertahankan serta melindungi proses pemasaran usaha
kita.
Quality
Imperative
Strategi
ini bergantung pada 2 bagian :
1. Perubahan
perilaku dalam penaikan harapan untuk kualitas kerja.
2. Melakukan
prkatek managemen secara terus menerus yang bisa membentuk kualitas improvisasi
dalam bekerja.
Administrative
Coordination
Strategi
ini digunakan saat penentuan keputusan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu
dengan strategi ekonomi / political.
Strategic
Predispositions
Strategi
ini hanya untuk melengkapi strategi ekonomi, politik, quality, serta
administrasi. Strategi ini berguna untuk menentukan spesifikasi langkah yang
harus kita ikuti dalam menjalankan usaha.
Langka
Dasar Dalam Strategi Formala
Di
dalam Managemen Internasional dibagi menjadi 3 langkah :
1. Melakukan
scanning dari luar untuk memunculkan peluang baru.
2. Menentukan
tujuan usaha melalui scaning usaha baik dari dalam maupun luar.
3. Melakukan
analisa dari dalam perusahaan baik dari segi kekuatan dan kelemahan.
Environtmental
Scanning
Langkah
ini digunakan untuk mengubah relasi dalam ekonomi kompetisi stabilitas preitik,
teknologi, dan data konsumer. Dengan langkah ini usaha bisa terkontrol dalam
segi pendapatan & spesifikasi produk .
Internal
Resource Analysis
Setelah
melakukan scanning lingkungan, langkah selanjutnya adalah menganalisa dari
dalam. Langkah ini membantu dalam mengevalusasi usaha dalam menegerial,
tekhnik, materi, serta financial dalam kelemahan & kekuatan dalam usaha.
Goal
Settings For Strategy Formulation
Langkah
ini adalah langkah akhir penentu tujuan sekaligus penentu dari kesimpulan hasil
langkah pertama & kedua.
Strategi
Implementasi
Dalam
managemen Internasional sangat memerlukan strategi Implementasi karena
berfungsi sebagai pengontrol dalam marketing, produksi dan financial
Lokasi
yang tepat untuk Implementasi
Lokasi
yang tepat yaitu suatu di suatu negara dan di tempat lokal yang berada disuatu negara
(kota / tempat terpilih disuatu negara)
# The
Country
Negara
ini terpilih menjadi tempat sebagai lokasi yang tepat untuk implementasi karena
didalam suatu negara biasanya terdapat industri yang berinvestasi cukup
menjanjikan.
# The
Local Country
Tempat-tempat
terpilih ini biasanya di pilih karena mudah dalam mengakses tempat pemasaran,
kompetitor yang memiliki jiwa kompetisi (kompetisi yang sehat) serta
tersedianya sarana, baik transportasi maupun materi untuk bisnis.
Ownership
Dan Entry Yang Tepat Untuk Implementasi
Hal
ini biasanya dipilih karena memiliki strategi global yang sesuai dengan
pemasaran didunia
Wholly
Owned Subsidiary
Merupakan
kontrol secara total terhadap oprasi bisnis
Joint
Venture
Persetujuan
antara 2 atau lebih partner (partner bisnis) join vanture ini lebih populer karena
keuntungan yang ditawarkan.
License
Persetujaun untuk menggunakan properti industri untuk
mengubah strategi pembayaran dalam usaha / bisnis.
Franchise
Bisnis
yang tersusun dibawah satu orang pelaksana sekaligus pengelola yang ikut dalam
oprasi dan produksi.
Export
/ Import
Bisnis
/ kegiatan yang dilakukan dengan memasukkan barang dari luar negeri dan
mengeluarakn produksi keluar negeri
Tujuan
Akhir & Fungsi Implementasi
#
Marketing
Langkah
dasar menentukan untuk sukses setidaknya satu bisnis. Mulai dari pemasaran,
produksi sampai hasil akhir.
#
Produksi
Proses
terpenting yang harus dperhatikan benar-benar agar tujuan dari bisnis bisa
tercapai.
# Finance
Langkah akhir / proses akhir yang menjadi penentu tujuan
bisnis & keberhasilan suatu bisnis.
0 comments
Post a Comment
Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih