Tuesday, September 24, 2013

Materi Kewirausahaan Analisa Peluang Bisnis


Toyota Unbound (Ketidak Terbatasan Toyota)

Di tahun 1996 , Progemmer dari toyota mencoba menaikkan angka minat konsumen terhadap mobil. Karena dalam percobaan pemasaran rata-rata pengguna mobil menurun dari 90 hari sampai 10 hari terakhir.
Berkat kerja para progemmer tersebut. Website toyota “GAZOO.COM” yang tadinya biasa saja di kalangan internet kini menjadi populer. Dengan lebih dari 50 penjual, 500 anggota dan 2600 pelanggan baru tiap harinya, website ini ramai dengan konsumen yang kini bisa memesan berbagai barang-barang yang ditawarkan oleh GAZOO.COM hanya dengan membayar kemudian konsumen bisa mengambil pesanannya dilain waktu.

PACE OF CHANGE (Laju Perubahan)


            Dalam hal ini, GAZOO.COM menjadi saingan berat. Namun meskipun demikian tidak ada bantahan apa yang terjadi dengan toyota saat ini. Toyota tetap menatap untuk menjadikan Toyota menjadi tawaran mobil terpopuler di jepang bahkan di dunia. Menurut analisa anggaran, dalam 5 tahun ini, Toyota akan memperoleh keuntungan hingga 20%.
            Karena itu Toyota mendapatkan penghargaan darai Toyota High-Lech sebesar $192 Miliar. Hal itu membuat harga Toyota menjadi lebih dibanding dengan kendaraan pada umumnya.
            Meskipun jatuh bangung Toyota membawa namanya selangkah lebih maju lagi, kini toyota berhasil menjual 1,8 miliar kendaraan per tahun. Di tengah-tengah pesaing yang kuat dan banyak bantahan-bantahan lain.
            Dan pada akhirnya, Okuda pemimpin Toyota mempunyai salah satu costumer terbaik dari 20 juta kostumer yang kaya dengan kemungkinan 30 juta yang pergi ke luar negeri.

EXPLODING ( Ledakan)

            Dengan berbagai faktor yang dapat dilihat berkat segala hal yang dilakukan pemimpin Toyota dengan anak buahnya. Internet menjadi peluang terbaru dan investasi tercepat di jepang, meskipun GAZOO.COM sendiri belum mengembalikan modal sebagai keuntungan. Toyota mencoba memberanikan diri menyamakan / menserikan diri dengan perusahaan mobil lainya. Biarpun demikian, Okabe (pegawai) sangat menyukai GAZOO. Karena GAZOO bisa memikat hati costumer , GAZOO juga akan menjadi peringatan Okabe dalam memilih mobil baru / bila tertarik dalam pembelian mobil.
            Saat perusahaan telekomunikasi ikut masuk, Toyota akan mematok 13% telekomunikasi terbaru dalam usaha pemasaranya. Hal ini menjadikan perusahaan telekomunikasi Jepang terbesar kedua.
Vastly Ambitious (Ambisi Kuat)
            Dengan adanya modal, tahun depan Toyota akan memperkenalkan kartu kreditnya sebagai bantahan kartu kreditnya tidak menawarkan untuk bergabung, Toyota ingin isu tentang kartu kredit bisa membuat kostumer lebih memilih melunasi pembayaran secara online.
            Itu semua membuat Toyota mulai merencanakan ambisi, serta memulai membandingkan serangan balik Toyota terhadap keputusan perusahaan tahun 1930 merubah cara dalam pembentukan / pembuatan mobil.
`           Toyota memulai strateginya saat tiba-tiba nama Presiden Jepang terus-terusan muncul dengan menaikkan keuntungan bisnis ke dalam pusat bisnis.

TRUCK OFFENSIVE ( Meningkatkan Serangan)

            Saat ini Toyota sudah mempunyai 40% market share di Jepang. Total market share Toyota sudah mencapai point yang ditentukan. Tapi divisi Toyota menginginkan The North American memproduksi setengah mobil setengah mikrolet. Dan Toyota tinggal berharap semoga costumer lebih memilih & merespon lebih terhadap produknya.
Strategi Management merupakan hal penting dalam managemen internasional. Salah satu contohnya adalah perjalanan Toyota dalam mencapai tujuannya. Bagaimanapun Toyota membutuhkan strategi yang efektif dalam menjalankan strategi managementnya

International Strategic Planning

            Yaitu proses penentuan dasar misi suatu organisasi dalam jangka panjang kemudian melakukan tindakan perencanaan dalam mengejar dan mencapai tujuan usaha

The Growing Need For Strategic Planning
            Alasan dalam perkembangan usaha memerlukan Strategi Planning ialah untuk memelihara  / mempertahankan jalur usaha kita dengan operasi yang semakin meningkat dan berkelanjutan ke lingkungan internasional.

Benefits Of Strategic Planning
            Strategi Planning dapat membantu sebuah usaha dalam mengkoordinasi serta memantau operasi usaha kita dari jarak jauh. Meskipun Strategi Planning bisa disamakan dengan pelunasan tapi Startegi Planning merupakan salah satu aspek penting dalam internasional  manajemen, sebagai sarana yang akan mempersiapkan proses menuju kesuksesan.

Approaches To Strategic Planning
            Ada 4 (empat) cara untuk memunculkan Strategi Planning :
      1.      Fokus pada kegiatan ekonomi yang memang diperlukan.
      2.      Menempatkan kegiatan politik  yang memang perlu.
      3.      Mengutamakan kualitas yang perlu.
      4.      Melaksanakan adminsitrasi serta mengkoordinasi semua strategi.

Economic Imperative
            Strategi ini digunakan saat produk dianggap sebagai barang bagus / umum / lazim, oleh karena itu harus dijual dengan koordinasi keuangan yang mendukung strategi ini juga digunakan dalam mematok harga (menggaji) pegawai, berdasarkan dengan jiwa kepimimpinan, perbedaan, serta pengetahuan segmentasi.

Political Impertaive
            Strategi ini digunakan untuk mempertahankan serta melindungi proses pemasaran usaha kita.

Quality Imperative
            Strategi ini bergantung pada 2 bagian :
      1.      Perubahan perilaku dalam penaikan harapan untuk kualitas kerja.
      2.      Melakukan prkatek managemen secara terus menerus yang bisa membentuk kualitas improvisasi dalam bekerja.

Administrative Coordination
            Strategi ini digunakan saat penentuan keputusan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu dengan strategi ekonomi / political.

Strategic Predispositions
            Strategi ini hanya untuk melengkapi strategi ekonomi, politik, quality, serta administrasi. Strategi ini berguna untuk menentukan spesifikasi langkah yang harus kita ikuti dalam menjalankan usaha.

Langka Dasar Dalam Strategi Formala

            Di dalam Managemen Internasional dibagi menjadi 3 langkah :
      1.      Melakukan scanning dari luar untuk memunculkan peluang baru.
      2.      Menentukan tujuan usaha melalui scaning usaha baik dari dalam maupun luar.
      3.      Melakukan analisa dari dalam perusahaan baik dari segi kekuatan dan kelemahan.
Environtmental Scanning
            Langkah ini digunakan untuk mengubah relasi dalam ekonomi kompetisi stabilitas preitik, teknologi, dan data konsumer. Dengan langkah ini usaha bisa terkontrol dalam segi pendapatan & spesifikasi produk .
Internal Resource Analysis
            Setelah melakukan scanning lingkungan, langkah selanjutnya adalah menganalisa dari dalam. Langkah ini membantu dalam mengevalusasi usaha dalam menegerial, tekhnik, materi, serta financial dalam kelemahan & kekuatan dalam usaha.
Goal Settings For Strategy Formulation
            Langkah ini adalah langkah akhir penentu tujuan sekaligus penentu dari kesimpulan hasil langkah pertama & kedua.
Strategi Implementasi
            Dalam managemen Internasional sangat memerlukan strategi Implementasi karena berfungsi sebagai pengontrol dalam marketing, produksi dan financial

Lokasi yang tepat untuk Implementasi
            Lokasi yang tepat yaitu suatu di suatu negara dan di tempat lokal yang berada disuatu negara (kota / tempat terpilih disuatu negara)
# The Country
            Negara ini terpilih menjadi tempat sebagai lokasi yang tepat untuk implementasi karena didalam suatu negara biasanya terdapat industri yang berinvestasi cukup menjanjikan.
# The Local Country
            Tempat-tempat terpilih ini biasanya di pilih karena mudah dalam mengakses tempat pemasaran, kompetitor yang memiliki jiwa kompetisi (kompetisi yang sehat) serta tersedianya sarana, baik transportasi maupun materi untuk bisnis.

Ownership Dan Entry Yang Tepat Untuk Implementasi
            Hal ini biasanya dipilih karena memiliki strategi global yang sesuai dengan pemasaran didunia
Wholly Owned Subsidiary
            Merupakan kontrol secara total terhadap oprasi bisnis
Joint Venture
            Persetujuan antara 2 atau lebih partner (partner bisnis) join vanture ini lebih populer karena keuntungan yang ditawarkan.
License
            Persetujaun  untuk menggunakan properti industri untuk mengubah strategi pembayaran dalam usaha / bisnis.
Franchise
            Bisnis yang tersusun dibawah satu orang pelaksana sekaligus pengelola yang ikut dalam oprasi dan produksi.
Export / Import
            Bisnis / kegiatan yang dilakukan dengan memasukkan barang dari luar negeri dan mengeluarakn produksi keluar negeri

Tujuan Akhir & Fungsi Implementasi
# Marketing
            Langkah dasar menentukan untuk sukses setidaknya satu bisnis. Mulai dari pemasaran, produksi sampai hasil akhir.
# Produksi
            Proses terpenting yang harus dperhatikan benar-benar agar tujuan dari bisnis bisa tercapai.
# Finance
          Langkah akhir / proses akhir yang menjadi penentu tujuan bisnis & keberhasilan suatu bisnis.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih