Proposal Kewirausahaan
BAB III
ANALISA PEMASARAN
3.1 Rencana Pemasaran
Daerah Pemasaran Yang Dituju
Rencana pemasaran kami adalah mencakup semua kalangan yang membutuhkan jasa atau produ
yang kami jual dengan harga yang relatif murah di banding usaha lain yang sama namun tarif yang
lebih mahal
Tiga Prinsip Menjual
Harga produk-produk yang kami tawarkan memiliki harga yang cukup bersaing dikarenakan
konsumen kami adalah semua golongan.
Produk kami mempunyai nilai yang berkualitas. Karena produk yang dibuat melalui beberapa tahap
yang harus dilakukan diantaranya pengecekan hasil produksi dan harga disesuaikan menurut
kebutuhan dan modal yang di keluarkan untuk membuat produk tersebut.
Pelayanan Prima
Kami menggunakan konsep pelayanan prima diantaranya adalah:
1. Konsep Attitude (Sikap)
Pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk antara lain
sebagai berikut:
• Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasidengan berbusana yang rapidengan ekspresi wajah
penuh senyum
• Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasidengan berbusana yang rapidengan ekspresi wajah
penuh senyum
• Pelayanan dengan berpikir positif
• Tidak memanfaatkan dan mencari kelemahan calon pembeli
• Tidak bersikap acuh terhadap pembeli
• Melayani pembeli secara terhormat
• Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
• Tutur bahasa yang baik, disertai senyum ramah
• Sikap sopan santun
• Melayani dengan memuaskan
• Mendengarkan saran/kritikan pembeli
• Mendengar dan mencatat setiap pesanan pembeli
• Mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli
2. Konsep Attention (Perhatian)
• Mendengarkan tutur kata pembeli mengenai kebutuhannya
• Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan pembeli.
• Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli.
• Berusaha mewujudkan keutuhan pembeli dengan cepat.
• Menghargai setiap pendapat dan saran yang diajukan pembeli.
• Menjelaskan kembali setiap pesanan.
3. Konsep Action (Tindakan)
• Mempercepat pelayanan.
• Memudahkan dalam pencarian dan pengembalian barang.
• Menegaskan cara pembayaran (kontan, kredit)
• Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali.
• Barang sudah dicatat, ditegaskan kembali agar tidak terjadi kesalahan dalam pelayanan.
• Mengerjakan dengan tepat waktu
3.2 Segmentasi Pasar
Produk atau jasa kami dipasarkan berdasarkan :
a) Kualitas produk yang di hasilkan berasal dari tingkat bahan baku yang digunakan untuk
membuat produk
membuat produk
b) Lamanya pengerjaan dan keinginan dari konsumen
c) Penambahan fitur-fitur lainya pada produk kami
3.3 Strategi Pasar
Strategi yang kami lakukan dalam pemasaran produk kami adalah sebagai berikut:
1. Berorientasi pada konsumen- Mengutamakan kenyamanan dan kepuasan konsumen terhadap
produk yang kami buat merupakan hal yang paling kami utamakan, serta kepercayaan dari pelanggan
produk yang kami buat merupakan hal yang paling kami utamakan, serta kepercayaan dari pelanggan
terhadap kita kami memberikan uji coba produk sebelum dijual kepada pelanggan.
2. Kualitas - Kualitas produk merupakan hal yang paling penting bagi kita sehingga kami selalu
memperhatikan kualitas dari produk untuk kenyamanan pelanggan.
3. Kecepatan - Kami selalu memberikan layanan prima terhadap pelanggan terutama dalam hal
kecepatan untuk memenuhi order pelanggan.
3.4 Sasaran Usaha
Pemasaran yang kami tuju dari produk kami adalah industri kecil dan menengah serta rumah tangga
yang membutuhkan produk kami.
3.5 Promosi dan Periklanan
Promosi dan periklanan yang dilakukan sebagai proses pengenalan produk pada pasar dilakukan
melalui berbagai cara, antara lain :
1. Memasang plakat di depan tempat usaha.
2. Brosur online.
3. Penyebaran brosur kesekolah-sekolah
4. Media cetak
0 comments
Post a Comment
Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih