Friday, January 30, 2015

Enzim - Enzim Pencerna Dalam Tubuh

Dalam pencernaan manusia memiliki beberapa sistem dan mekanisme biologis yang terjadi, di dalam proses pencerna, dimana selain fungsi organ pencerna ada juga beberapa faktor lain yang membantu dalam proses pencernaan, salah satunya adala enzim, enzim sendiri kebanyakan adalah terdiri dari protein yang terkandung didalamnya, bila anda ingin lebih jelas tentang enzim anda bisa membaca IPA Biologi Pengertian Enzim , dalam penggunaan enzim dalam pencerna memang sangat membantu sekali, apabila salah satu enzim tidak dapat dilakukan maka proses pencerna akan terganggu.

Sebelum memahami enzim pencerna dalam tubuh beserta fungsinya, akan lebih baik lagi apabila kita memahami beberapa urutan proses pencerna pada beberapa organ berikut secara urut :

  1. Mulut
  2. Kerongkongan (esofagus)
  3. Lambung
  4. Usus halus (usus 12jari) 
  5. Usus kosong (jejunum) 
  6. Usus penyerapan (ileum)
  7. Usus besar
  8. Hati
  9. Pankreas
  10. Kantong empedu
  11. Anus
Enzim Pencerna Dalam Tubuh


Dalam organ diatas didalamnya memiliki beberapa enzim yang berfungsi dalam membantu proses pencerna, dalam enzim di setiap organ tersebut memiliki beberapa fungsi yang berbeda – beda, berikut adalah enzim pencerna dalam tubuh :

Enzim Ptialin (Dalam Rongga Mulut)
Enzim ptialin sendiri berada kelenjar ludah, Enzim ini dihasilkan oleh glandula parotis letak glandula parotis sendiri berada di daerah sekitar kelenjar ludah, sedangkan fungsi enzim ptialin adalah berfungsi mengubah amilum atau zat tepung menjadi glukosa, dalam proses ini glukosa digunakan untuk sebagai bahan energi manusia.

Enzim Pepsin (Dalam Lambung)
Enzim pepsin adalah enzim yang berada di organ lambung, fungsi enzim ini adalah mengubah protein yang telah di serap oleh tubuh menjadi pepton.

Enzim Renin ( Dalam Lambung)
Sama halnya dengan enzim peptin, enzim renin juga berada di dalam organ lambung. Enzim renin berfungsi mengendapkan kasein yang ada di dalam susu.

Enzim Lipase (Dalam Lambung)
Selain enzim pepsin dan enzim renin, enzim lipase juga terdapat pada organ lambung tepatnya pada dinding lambung, enzim ini bersifat sangat asam, enzim ini dikeluarkan bersamaan dengan pepsin dan renin.

Enzim Amilase 
Enzim amilase adalah enzim yang dihasilkan oleh getah pankreas, bersama dengan amilase terdapat juga enzim lipase dan tripsin, enzim amilase berfungsi mempercepat reaksi perubahan amilum menjadi maltosa.

Enzim Tripsin
Enzim tripsin adalah emzin yang dapat mengubah pepton menjadi senyawa dipeptida, sehingga nanti akan lebih mudah diserap tubuh dan dicerna.

Enzim Sukrase
Enzim sukrase berfungsi untuk mengubah / menguraikan sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa, enzim sakrase dihasilkan melalui getah usus halus.

Enzim Maltase (Dalam Usus Halus)
Enzim maltase berfungsi untuk mengubah maltose menjadi glukosa, sehingga akan dapat mudah direaksikan secara kimiawi oleh tubuh  dan diserap lalu digunakan sumber energi.

Enzim Isomaltase
Enzim isomaltase berfungsi untuk mengubah zat maltosa menjadi komaltosa, dimana susunannya akan lebih sederhana.

Enzim Laktase
Enzim laktase berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Kedua zat tadi, struktur kimianya lebih simpel sehingga dapat diterima sebagai nutrisi tubuh manusia.

Enzim Peptidase
Enzim peptidase berfungsi untuk menguraikan ikatan peptida menjadi asam amino (protein)

Enzim Ribonuklease
Enzim ribonuklease berfungsi untuk menghidrolisis RNA. Selain hal tersebut enzim ribonukease juga dapat memisahkan ikatan fosfat yang saling menghubungkan nukleotida.

Itulah beberapa penjelasan enzim yang berada di dalam sistem pencerna, semoga dapat memperjelas dan membantu anda semua.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih