Thursday, January 29, 2015

IPA Biologi Pengertian Enzim

Enzim adalah sebuah protein di dalam makhluk hidup yang berfungsi sebagai zat katalis alami yang digunakan untuk reaksi biologis, sehingga dapat kita sebuat juga bahwa enzim merupakan biokatalisator, biokatalisator seperti enzim dihasilkan oleh suatu jaringan, fungsi lain enzim adalah berfungsi untuk meningkatkan laju reaksi pada jaringan itu sendiri, Enzim sebagai biokatalisator sendiri memiliki kegunaan untuk mereaksi suatu zat anorganik yang sangat banyak, namun tidak akan menimbulkan racun atau produk sampingan yang membahayakan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa enzim sebagian besar adalah terdiri dari sebuah protein. Dalam berat molekul enzim memang sangat beranekaragam dan berbeda – beda karena  meliputi rentang yang sangat luas.

Dalam penamaan enzim sendiri digolongkan menurut reaksi yang diikutinya, dan masing – masing enzim di beri nama menurut nama substratnya. Hal ini memang telah digunakan sebagai tetapan untuk penamaan enzim, Commision on Enzymes of the International Union of Biochemistry lembaga yang menaungi dalam penamaan enzim, enzim sendiri dibagi dalam enam golongan besar.

Pengertian Enzim

Penggolongan ini bukan penggolangan yang dilakukan dengan seenaknya namun didasarkan atas reaksi.

Enam Golongan Besar Penamaan Enzim

  1. Oksidoreduktase
  2. Transferase
  3. Hidrolase
  4. Liase
  5. Isomerase
  6. Ligase

Enzim memiliki molekul enzim yang terstruktur 3 dimensi namun hanya satu dimensi saja yang mempengaruhi dan dapat berfungsi sebagai biokatalisator, enzim sendiri apabila dapat berfungsi harus memiliki suhu dan PH yang sesuai, apabila suhu dan PH tersebut tidak sesuai maka fungsi biokatalisator tidak akan berfungsi dan kehilangan sifat serta kemampuanya. Enzim juga memiliki sifat, untuk itu berikut dibawah ini adalah sifat – sifat enzim :

Sifat - Sifat Enzim

  1. Mempunyai fungsi sebagai biokatalisator
  2. Merupakan suatu protein
  3. Khusus atau spesifik
  4. Merupakan zat koloid
  5. Jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak
  6. Tidak tahan panas

Itulah beberapa penjelasan dan pengerian tentang enzim yang ada di pelajaran bilogi atau IPA, semoga dapat membantu anda semua.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih