Tuesday, October 7, 2014

Tips Menambah Semangat Belajar

Tips menambah semangat belajar, ya mungkin sebagian kita terutama siswa yang sedang bersekolah , paling sulit untuk menambah semngat belajar, oleh sebab itu kali ini saya akan share tips untuk menjawab pertanyaan, bagaimana sih menambah semangat untuk belajar? Baik disekolah maupun dirumah, karena dilihat dari perkembangan zaman, anak-anak sekarang lebih kurang sering melupakan belajar di waktu luang dan mengisinya dengan bermain.

Kita pahami dulu, belajar itu apa? Belajar adalah memahami sesuatu yang belum kita fahami atau mengerti dengan cara membaca melihat dan mendengar. Itulah yang namanya belajar, lalu apa manfaatnya bagi kita belajar itu? Semakin anda sering belajar maka kemampuan otak dan daya fikir kita akan lebih terlatih, sehingaa mampu menyelesaikan persoalan soal atau persoalan lainnya dengan mudah, lalu untuk siapa kita belajar? Jawabannya adalah untuk kita sendiri.

semangat belajar

Baik setelah kita memahami bahwa belajar itu untuk diri kita bukan untuk orang lain, maka akan saya share cara menambah semangat belajar, adalah sebagai berikut:

  1. Sukai apa yang sedang anda pelajari, ini adalah langkah utama agar anda bisa untuk menambah semangat belajar, karena dilihat dari aspek psikologi, hal ini akan membuat anda akan terus berpacu secara permanen, ibarat anda menyukai seorang lawan jenis, maka anda akan mengejarnya mati-matian begitu pula jika anda menyukai apa yang sedang anda pelajari
  2. Manfaatkan waktu , ya mungkin waktu bagi anda adalah untuk bermain, tetapi waktu juga tidak hanya untuk belajar saja, maka dari itu pemanfaatan waktu yang baik adalah waktu belajar yang tidak mengganggu polo waktu bermain anda dan istirahat anda, karena ketika semua ada pada tempatnya anda akan merasa nyaman dan tidak terbebani dengan segala hal yang ada disekitar anda. Baca juga Cara Membagi Waktu Belajar Yang Baik.
  3. Berfikir kritis, berfikir kritis merupakan bumbu penyedap untuk anda mampu meningkatkan pola belajar anda, baik di sekolah maupun di rumah, karena menurut pengalaman saya, orang yang kritis akan pendapat, tandanya dia telah mengerti dan berusaha membetulkan apa yang sudah dipelajari kalau itu kurang pas, dan akan lebih belajar lagi ketika pendapat dia yang keliru atau salah.
  4. Pesaing atau kempetitor, ketika anda sudah berada pada puncak keberhasilan dikelas karena belajar, pastilah akan ada kompetitor terhadap diri anda nantinya, manfaatkanlah hal itu sebagai sisi yang positif, dimana dengan adanya pesaing tersebut, diri anda akan lebih termotivasi dan akan terus berusaha lebih keras dalam mengeti dan memahami segala materi pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru atau sekarang anda sendiri yang mencarinya karena kurikulum 2013.
  5. Jangan puas diri, salah satu penurunan kualitas diri anda yang paling mencolok adalah puas diri sebelum saatnya, ya itulah kenapa grafik indeks keberhasilan anda naik turun, mungkin itu sangat sulit untuk stabil, tetapi salah satu kunci yang paling utama adalah jangan sampai diri anda merasa puas diri sebelum saatnya, karena keberhasilan anda akan mengalami kemunduran.
  6. Jadilah yang perfectsionis akan nilai, wah – wah, inilah hal yang seharusnya mendasari semangat anda untuk menambah semangat belajar, yaitu untuk mendapatkan nilai yang terbaik, untuk mendapatkan nilai terbaik itu tidak membutuhkan hanya duduk diam, tapi rasionalnya adalah anda harus bekerja keras terutama menambah semangat belajar anda lebih dan lebih lagi. Baca juga Cara Meningkatkan Semangat Belajar

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih