Saturday, November 2, 2013

Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Cara Meningkatkan Semangat Belajar
Meningkatkan semangat belajar adalah salah satu hal yang paling dicari oleh seorang siswa, karena saat seorang siswa yang memiliki semangat belajar yang tinggi lama-kelamaan siswa tersebut pasti akan berprestasi dalam sekolahnya dan saat berprestasi maka semangat belajarnya akan semakin tinggi, pentingnya belajar bagi siswa adalah belajar merupakan kebutuhan dan tanggung jawab seorang siswa. Peningkatan semangat belajar yang tinggi karena motivasi akan membuat siswa tersebut lebih kritis dan aktif dalam kegiatan belajar dan hal itu akan berdampak postif terhadap nilai tugas maupun prestasi yang akan didapatkan siswa tersebut.


 Meningkatkan semangat belajar merupakan motivasi yang hadir dari dalam diri seseorang maupun dari orang lain, motivasi belajar yang tinggi akan membuat seorang siswa meningkat semangat belajarnya, untuk meningkatkan motivasi belajar anda banyak cara yang dapat dilakukan namun saya hanya menjelaskan beberapa saja dan mungkin dapat berbeda karena motivasi yang didapat dari tiap orang berbeda-beda.  Adapun cara meningkatkan semangat belajar adalah sebagai berikut:
1. Dalam Diri
Dalam diri sendiri adalah salah satu sumber utama dalam meningkatkan semangat belajar, karena dalam diri sendiri adalah kunci dari apa yang diinginkan oleh diri anda sendiri, baiknya dalam meningkatkan belajar dalam diri sendiri adalah dengan memfikirkan kebutuhan belajar bagi masa depan kita, dan bagaimana sangat pentingnya belajar untuk kemajuan diri kita sendiri suatu saat nanti.
2. Orang Lain
Orang lain juga dapat membuat kita termotivasi untuk belajar, karena saat seseorang yang berprestasi maka diri kita ingin berprestasi seperti orang tersebut sehingga diri kita tergugah semangat belajarnya , oleh karena itu orang lain juga dapat berpengaruh terhadap semangat belajar kita.
3. Atur Mood
Mood anda adalah salah satu pokok dari motivasi bealajar anda, jangan sampai dalam belajar ada rasa paksaan dan tekanan karena dengan hal itu akan menjadikan diri kita semakin tidak bersemangat dalam belajar, usahakan sebisanya mengatur mood belajar anda anggap saja belajar sebagai hobi atau kebutuhan diri, dengan hal itu pasti akan membuat anda semangat belajar.
4. Atur Waktu
Pengaturan waktu yang tepat untuk belajar adalah salah satu kunci agar anda dapat bersemangat dalam belajar, waktu yang pas dan tidak mengganggu kegiatan anda entah kegiatan yang bertujuan untuk refreshing dan lain sebagainya, disaat kegiatan belajar anda mengganggu kegiatan yang lain maka semangat untuk belajar anda akan berkurang.
5. Tonton Film Motivasi
Dalam belajar adalah gugahan atau dorongan semangat yang dapat berbentuk film, film yang bagus untuk kita adalah film yang dapat memotivasi kita agar selalu belajar dan menanamkan pentingnya belajar bagi kita semua, dan menunjukkan kesuksesan apa saja yang didapat oleh seorang yang rajin belajar, hal itu akan membuat anda termotivasi untuk lebih giat dalam belajar.
6. Jangan Puas Diri
Jangan terlalu berpuas diri dengan ilmu yang anda dapatkan karena hal itu akan menurunkan semangat belajar anda, dan motivasi belajar yang anda dapatkan dari tidak kepuasan diri anda adalah anda akan selalu mencari tambahan ilmu yang ada, sehingga anda akan menjadi orang yang kritis dalam pelajaran dan motivasi belajar anda akan muncul dengan sendirinya.
7. Jadi Yang Terbaik
Maksud dari menjadi yang terbaik adalah anda mendapatkan nilai yang tinggi dengan kerja keras dan jerih payah anda sendiri, karena hal itu akan membuat anda untuk termotivasi belajarnya, nilai yang bagus akan menambah motivasi belajar anda.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih