Saturday, April 25, 2020

Cara jitu menguasai hukum-hukum tajwid dan pengaplikasiannya dalam Al-Qur'an


Sebagian besar banyak anak jaman sekarang kurang memahami hukum bacaan tajwid dan hanya saja membaca al-qur'an yakni sekedar membaca namun tidak mengetahui apa yang dibaca tersebut hukum bacaannya seperti apa. 
Cara jitu menguasai hukum-hukum tajwid dan pengaplikasiannya dalam Al-Qur'an


Padahal ilmu hukum tajwid sangatlah penting. Sebagian besar banyak yang menyepelehkan ilmu tajwid dan menganggapnya enteng, padahal ilmu tajwid sebenarnya dapat dikataka sulit dan terkadangpun mudah. Hal tersebut tergantung kita mau berusaha atau tidak. Agar teman-teman semunya cepat memahami bacaan hukum-hukum jadwid saya merekomendasikan berbagai tips menarik supaya teman-temanpun nantinya menguasai ilmu tajwid dan dapat mengaplikasannya ketika membaca al-quran

  1. Membeli buku ilmu tajwid, hal ini sangat sekali wajib, teman-teman jika memang ingin betul-betul belajar ilmu tajwid. Harganya pun juga murah dan sangat terjangkau.
  2. Sebanrnya belajar ilmu tajwid tanpa guru pun bisa namun teman-teman harus rajin ya intinya sama percaya diri. Ketika teman-teman sudah membeli buku ilmu tajwid bacalah setiap hari setelah sholat magrib (jangan sampai absen lo yah) karna cara ini benar-benar manjur karena kalian tidak perlu menghafal nantinya pasti akan hafal dengan sendirinya.
  3. Ketika teman-teman sudah menerapkannya sehari-hari dan sudah membacanya berulang-ulang sebaiknya mencoba mencari salah satu teman untuk bertanya kepada anda salah satu mengenai hukum bacaan tajwid yang mana bertujuan untuk mengetes seberapa kemampuan teman-teman. Oh iya! Belajar itu penuh kesabaran yah! Tidak ada yang namanya instant.
  4. Setelah anda merasa hafal dengan apa yang ada di dalam buku yang sudah anda beli sebaiknya mencoba membaca alqur-an dan mengaplikasikan hukum bacaan tajwid yang sudah anda pelajari.
  5. Jika anda merasa keberatan membaca keseluruhan buku anda bisa mencoba membcanya perhukum bacaan kemudian difahalkan satu hukum bacaan tersebut dan diaplikasikan dalam membaca al-qur'an. Namun buku ilmu tajwid pada dasarnya tidak terlalu tebal kok bahkan bukunya pun tipis sehingga anda mudah untuk mempelajarinya.
  6. Terdapat satu hal agar anda termotivasi untuk belajar ilmu tajwid. Jika anda seorang laki-laki anda harus berfikir bahwasannya anda adalah calon imam apakah tidak malu apabila calon imam tidak mampu menguasai ilmu tajwid? Sedangkan seorang imam harus lebih memiliki pengetahuan luas terhadap keluarga. Apabila kalian perempuan, apakah kalian tidak malu? Jika suatu saat nanti di tanya anak kalian mengenai bacaan tajwid sedangkan anda tidak mampu menjawabnya. Mulai dari sekarang ayo belajar!

Demikianlah beberapa cara jitu untuk teman-teman agar dapat menguasai ilmu tajwid dan pengaplikasiannya dalam al-quran. Cara tersebut saya jamin akan berhasil apabila teman-teman rajin dan memiliki niat untul bisa. Ingatlah hal tersebut bagian dari ilmu akhirat. Ilmu akhirat pada dasarnya lebih penting dari pada ilmu duniawi. Mulai skrang lakukan lah segalah hal yang berhubungan dengan ilmu akhirat. Karena ilmu akhirat itu kekal alias abadi.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih