Thursday, November 13, 2014

Penjelasan Fisika Tentang Hukum Pascal

Hukum pascal merupakan hukum yang berhubungan dengan zat cair dimana juga berhubungan dengan gaya tekan yang ada di dalamnya, bunyi hukum pascal adalah tekanan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dan sama besar, hukum pascal digunakan pada suatu  benda sebagai contoh adalah alat semprot, dimana proses kerjanya adalah dengan memberikan gaya tekan kepada zat cair, sehingga air akan menyemprot dari dalam tabung penyimpanan, hal inilah yang dapat dijelaskan menjadi hukum pascal.


Pemanfaatan hukum pacal memang sangat banyak sekali, dimana barang – barang tersebut yang menerapakan hukum pascal sangat membantu bagi pekerjaan manusia, dalam materi fisika hukum pascal sering di jelaskan dengan sebuah bejana berhubungan dimana, dalam bejana tersebut di isi zat cair yaitu air, bejana yang di isi air tersebut memiliki luas penampang berbeda. Apabila gaya F1, diberikan kepada pengisap pertama (A1) maka tekanannya akan diteruskan oleh air menuju ke penghisap kedua (A2) sehingga dari persitiwa tersebut menimbulkan gaya kedua F2.
Dalam perhitungan hukum pascal memiliki rumus sebagai berikut:


Keterangan:
P1 = Tekanan Pada Pengisapan Pertama (N/m2)
P2 = Tekanan Pada Pengisapan Kedua (N/m2)
F1 = Gaya Pada Penghisap Pertama (N)
F2 = Gaya Pada Penghisap Kedua (N)
A1 = Luas Pada Penghisap Pertama (m2)
A2 = Luas Pada Penghisap Kedua (m2)

Contoh Soal :
Tabung I berpenampang 25 cm2 diberi gaya 750 N. Berapa berat beban dapat diangkat, jika tabung II mempunyai luas penampang 150 cm2

Diketahui :
F1 = 750 N
A1 = 25 cm
A2 = 150 cm

Ditanyakan :
F2 = ???

Jawab
F1 / A1 = F2 / A2
750 / 25 = F2 / 150
F2 = (750 x 150) / 25
F2 = 4500N

Dalam konsep hukum pascal yang sudah saya jelaskan, banyak sekali alat yang menerapkan hukum pascal, ini berarti memang hukum pascal dapat diterapkan pada teknologi, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia, penggunaan alat ini tentunya sering menggunakan gaya tekanan, dimana dengan alat ini kita bisa menggunakan gaya yang kecil untuk memperoleh gaya yang besar.

Alat hidrolik merupakan konsep nyata alat yang menerapkan prinsip hukum pascal, dalam penggunaanya hidrolik menggunakan gaya tekanan yang diberikan sehingga akan dapat mengangkat benda yang berat dengan menggunakan gaya yang sekcil mungkin, beberapa macam hidrolik memang sangat bermanfaat bagi manusia, jenis – jenis hidrolik adalah sebagai berikut :

  1. Dongkrak hidrolik, 
  2. Alat pengangkat mobil,
  3. Rem hidrolik , 
  4. Kempa hidrolik. 

Dari banyak jenis hidrolik yang ada dapat kita nyatakan bahwa memang hidrolik yang menerapkan hukum pascal sangat banyak sekali manfaatnya. Itulah materi tentang hukum pascal semoga dapat membantu anda semua.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih