Friday, October 31, 2014

Peninggalan Pada Masa Buddah Di Indonesia

Peninggalan Pada Masa Buddah Di Indonesia – Kali ini saya akan share tentang materi IPS tentang perkembangan dan peninggalan pada massa buddah di indonesia, dimana agama buddha adalah agama tertua selain agama hindu, dimana agama buddha di indoneisa di tandai dengan adanya peninggalan – peninggalan dari beberapa kerajaan budha di indonesia, selain itu peninggalan buddah terutama hindu buddah juga memberikan peninggalan yang luar biasa, peninggalan bersejarah ini adalah Candi Borobudur. Baca juga Materi IPS Peninggalan Sejarah Pada Masa Hindu Di Indonesia.

Peninggalan Pada Masa Buddah Di Indonesia

Candi merupakan tempat peribadatan bagi umat hinddu dan buddah, karena konsep utama dibanggunnya candi bagi masyarakat buddha adalah sebagai tempat peribatan, peninggalan – peninggalan inilah yang membuat candi sebagai tempat yang sakral bagi masyarakat indonesia.

Tak hanya candi, peninggalan pada massa buddah dapat terlihat dari prasasti – prasasti yang di temukan oleh para arkeolog, dimana prasasti – prasasti inilah yang menyatakan bukti penyebaran agama buddha di indonesia, pemilik prasasti – prasasti ini adalah kerajaan – kerajaan yang menganut ajaran buddah, kerajaan di nusantara yang menganut ajaran buddha adalah kerajaan holing atau kerajaan kalingga dan kerajaan srriwijaya.

Kerajaan Holing atau kerajaan kalingga terletak di jawa tengah yang berdiri pada abad 6 M , peninggalan sejarah kerajaan kalingga adalah prasasti Tuk Mas yang di temukan di desa Dakawu di Lereng Gunung Merbabu Jawa Tengah. Sama dengan prasasti yupa yang ada di kerajaan kutai, prasastu Tuk Mas ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa sanskerta.

Kedua adalah kerajaan sriwijaya, kerajaan sriwijaya merupakan kerajaan yang angkatan maritimnya sangat kuat, dan kerajaan ini memang adalah penganut buddha, berdirinya kerajaan sriwijaya adalah pada saat abad ke 7 M. Kerajaan sriwijaya terletak di muara takus riau lalu pindah ke jambi kemudian berpindah lagi ke palembang, peninggalan sejarah Kerajaan Srwijaya antara lain prasasti kedukan bukit, talang tuo , kota kapur, dan karang berahi.

Itulah beberapa Peninggalan Pada Masa Buddah Di Indonesia dimana harus kita jaga dengan sepenuh hati , guna dapat digunakan sebagai metode belajar anak cucu kita nanti.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih