Sunday, October 5, 2014

Materi IPA Limbah Dan Sampah

Limbah Dan Sampah
Limbah adalah suatu sisa usaha atau kegiatan manusia, sedangkan sampah adalah sisa kegiatan sehari hari manusia, dalam perbedaan limbah dan sampah tersebut telah di kemukakan pemerintah dalam UU No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan pengolahan lingkungan hidup dan UU No 18 Tahun 2008 tentang pengolahan sampah.

Dalam limbah dan sampah ada beberapa istilah yang akan sering kita dengar yaitu penghasil sampah, Penghasil sampah adalah setiap orang individu atau akibat dari proses alam yang menyebabkan timbulan sampah, sebenarnya limbah dan sampah perlu dikelola dengan serius karena dampaknya akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan, Pengolahan sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah.

Limbah Dan Sampah

A. Kualitas Limbah
Untuk menentukan berapa besar efek buruk terhadap lingkungan suatu limbah akan dikualifikasikan kedalam berbagai kualitas limbah, selain itu limbah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maka dari itu kualitas limbah dibagai menjadi beberapa parameter , yaitu :

  1. Kemungkinan pertama, lingkungan tidak mendapat pengaruh yang berarti
  2. Kedua, ada pengaruh perubahan tapi tidak menyebabkan pencemaran
  3. Ketiga, memberi perubahan/pengaruh dan menimbulkan pencemaran.

B. Faktor Pengaruh Kualitas Limbah

  1. Volume , limbah dapat kita ketahui dari seberapa banyak volume yang telah berada dilingkungan, sehingga kita mampu mengidentifikasikan limbah tersebut berdampak atau tidak terhadap lingkungan.
  2. Kualitas , dalam hal ini adalah kualitas air, dalam hal ini dapat kita ketahui apakah air tersebut dapat digolongkan pada jenis air tipe berapa dan layakkah untuk dikonsumsi.
  3. Kepadatan Penduduk, ya kita tahu bahwasannya semakin padat penduduk maka akan semakin banyak kegiatan, dimana kita ketahui semakin banyak kegiatan maka disitulah timbul adanya sampah dan limbah.
  4. Lingkungan, lingkungan disini kita jelaskan sebagai bagaimana cepatnya dampak yang ditimbulkan bila limbah tersebut berada dilingkungan, karena walaupun sampah tapi berada dihutan, akan membutuhkan waktu yang lama untuk sampah tersebut menumpuk shingga menjadi limbah yang mencemari hutan.
  5. Frekunsi, semakin besar frekuensi limbah yang dibuang setiap hari maka kemungkinan akan berdampak terhadap lingkungan akan semakin cepat, maka dari itu ada baiknya kita mengolah lagi barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan.

C. Sumber Penghasil Sampah

  1. Sampah dari Pemukiman , Penduduk Umumnya sampah rumah tangga berupa sisa pengelolaan makanan, perlengkapan rumah tangga bekas, kertas, kardus, sampah halaman dll
  2. Sampah dari Pertanian dan Perkebunan, Sampah dari kegiatan pertanian tergolong bahan organik, seperti jerami dan sejenisnya. Untuk sampah yang berupa pestisida dan pupuk buatan merupakan sampah khusus yang perlu perlakuan secara khusus pula supaya tidak mencemari lingkungan
  3. Sampah dari Perdagangan dan Tempat Umum, Daerah perdagangan seperti : toko, pasar, warung, swalayan yang juga merupakan tempat umum, menghasilkan jenis sampah yang berupa sisa-sisa makanan (garbage), sampah kering, sisa-sisa bahan bangunan
  4. Sampah dari Sarana Layanan Masyarakat, Sampah sarana layanan masyarakat antara lain tempat hiburan, jalan umum, tempat layanan kesehatan, gedung pertemuan dan sarana penemuan yang lain.
  5. Sampah dari Industri, Sampah ini berasal dari seluruh rangkaian proses produksi (bahan-bahan kimia serpihan/potongan bahan), perlakuan dan pengemasan produk (kertas, kayu, plastik). Sampah industri yang berupa bahan kimia dan beracun memerlukan perlakuan khusus sebelum dibuang.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih