Tuesday, December 3, 2013

Manfaat Dan Kerugian Globalisasi

Manfaat Dan Kerugian Globalisasi
Dalam era globalisasi banyak sekali manfaat dan kerugian yang didaptakan,  dari segi pandangan ekonomi globalisasi banyak sekali manfaat dan kerugiannya terutama pada kegiatan ekonomi pasar bebas dan lain sebagainya, dimana pasar bebas merupakan dampak dari adanya era globalisasi, tetapi untuk menyingkapi era globalsiasi ada baiknya kita memilah dan hanya mengambil manfaatnya saja.

Globalisasi dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu dan meringankan semua aktifiatas sehari hari kita, selain itu dampak dari globalisasi mencangkup beberapa faktor yaitu : budaya, teknologi , transportasi , ekonomi , politik , hukum dan lingkungan, berikut adalah penjelasanya:
a. Budaya
Pengaruh globalisasi terhadap budaya sangat kuat sekali kita ambil contoh pada zaman sekarang ini kebanyakan anak mudah lebih meniru dengan gaya hidup orang barat baik dalam berpakaian maupun bertingkah laku dalam sehari-hari.

Manfaat Dan Kerugian Globalisasi

b. Tekonlogi
Teknologi adaalah salah satu hal yang di dapati dari era globalsiasi sendiri dimana teknologi paling sangat berpengaruh terhadap era globalisasi sebagai contoh adalah internet dimana sekarang masyarakat dapat semakin mudah dalam memperoleh informasi dari berbagai wilayah didunia.
c. Transportasi
Dengan era globalisasi dalam bidang transportasi kini seorang yang akan berpergian dan ingin memesan tiket bisa langsung melalui ATM maupun biru travel dan tanpa harus mendatangi loket yang ada di terminal, bandara dan lain sebagainya.
d. Ekonomi
Dalam ekonomi globalisasi berpengaruh terhadap terjadinya pasar bebas dimana barang dari semua negara akan bebas keluar masuk ke negara lain.
e. Politik
Pada era globalisasi pengaaruh kedalam politik sendiri adalah hubungan antar negara diaman pada era globalisasi akan semakin erat hubungan antar negara-negara di dunia.
f. Lingkungan
Dalam pengaruh terhadap lingkungan globalisasi akan sebagai sarana penggerak semua instrumen masyrakat seluruh dunia untuk lebih melestarikan lingkungan.

Manfaat Dari Globalisasi

  1. Semakin dimudahkannya masyarakat untuk mendapatkan sebuah informasi dalam hitungan detik setiap hari dan sepanjang waktu, semua orang akan lebih cepat mengetahui kejadian apa yang terjadi di belahan bumi yang lain.
  2. Semakin majunya aktifitas ekonomi, disini adalah ditandainya dengan adanya pasar bebas yang akan melanda seluruh perekonomian seluruh dunia, selain itu kegiatan ekonomi akan semakin mudah dan cepat karena adanya era globalisasi.
  3. Kebebasan masyarakat untuk berekspresi dan memperoleh informasi dan hal itu adalah sangat menjunjung HAM bagi umat manusia.
  4. Masyarakat tidak perlu repot untuk salng berhubungan dan tidak mengenal jarak wilayah.
  5. Semakin banyaknya penanam modal asing dari semua negara didunai ke suatu negara.
  6. Dimudahkannya masyarkat untuk mengembangkan usahanya hingga ke sulurh dunia, tidak mencangkup hanya satu wilayah saja.
  7. Manfaat dari globalisasi adalah teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

Kerugian Dari Globalisasi

  1. Informasi yang didapat tidak mengenal umur atau usia dimana hal itu akan berdampak buruk bagi generasi mudah yang masih mencari jati diri karena hal itu lah salah satu dampak negatif yang diakibatkan dari globalisasi.
  2. Pasar bebas yang merupakan dampak dari era globalisasi akan berakibat tidak baik kepada suatu negara yang produk dan jasa yang mereka ekspor ke negara lain akan kalah bersaing dengan negara lain yang lebih bagus kualitasnya.
  3. Anak-anak mudah yang meniru dunai barat , dimana tidak sesuaid engan norma-noram yang sudah ada pada suatu wilayah tersebut sehingga mereka melupakan norma mereka sendiri.
  4. Semakin banyaknya pabrik di era globalisasi akan berdampak pada lingkungan juga jika limbahnya tidak di olah dengan benar.
  5. Timbulnya gaya hidup instan dan belanja boros.

2 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih