Friday, November 1, 2013

IPA Proses Fotosintesis



Fotosintesis
A. Pengertian
Fotosintesis adalah proses pembuatan energi atau zat pembuat makanan atau gulkosa oleh tumbuhan berklorofil dengan merubah CO2 dan air menjadi O2 dan Karbohidarat dengan bantuan sinar matahari. Proses fotosintesis sendiri dimiliki tumbuhan yang memiliki klorofil hijau pada daun, manfaat klorifil bagi tumbuhan adalah untuk menangkap sinar matahari yang digunakan untuk proses fotosintesis. Selain tumbuhan ada beberapa makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis seperti alga dan sebagian jenis bakteri, fotosintesis sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hidup didunia ini termasuk manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernafas yang diperoleh dari proses fotosintesis tumbuhan. Fotosintesis sendiri dapat berpengaruh terhadap tumbuhan silahkan baca artikel Pengaruh Fotosintesis Terhadap Makhluk Hidup

IPA Proses Fotosintesis

B. Fungsi Fotosintesis
Ada beberapa fungsi dan manfaat dari proses fotosintesis yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup, adalah sebagai berikut:
  1. Proses fotosintesis dapat memberikan oksigen O2 kepada semua makhluk hidup untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup yang ada didunia.
  2. Proses fotosintesis juga dapat memberikan makanan yang berubah protein karbohidaat dan lain-lain yang disimpab oleh tumbuhan di batang,akar,dan dapat berupa buah yang bisa dimakan oleh manusia yang hewan sebagai sumber nutrisi dan energi.
  3. Proses fotosintesis juga dapat membatu memebersihkan udara yang ada disekitarnya,karena proses fotosintesis dapat melakukan siklus oksigen sehingga CO2 yang ada seimbang dengan kadar o2 yang ada dialam.
  4. Tumbuhan juga yang memiliki klorofil hijau jika mati dan tertimbun berjuta-juta tahun lamanya akan dapat berubah menjadi bahan tambang yang sangat bermanfaat bagi manusia yaitu batubara, yang digunakan sebagai pembangkit listrik ataupun pembakaran.
C. Penjelasan Fotosintesis
Tumbuhan dapat disebut dengan makhluk hidup autotrof, autotrof adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri, seperti dijelaskan diatas proses fotosintesis adalah merubah karbondioksida dan air menjadi oksigen dan karbohidarat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dan hewan, adapun reaksi kimia dari fotosintesis adalah sebagai berikut:

Dari reaksi kimia proses fotosintesis tersebut menggunkan konsep penyetaraan reaksi sehingga harga tiap zatnya sama besar, apakah tumbuhan membutuhkan oksigen? Jawabnnya adalah iya, sebab tumbuhan pada malam hari melakukan proses respirasi dimana tumbuhan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, oleh karena itu kita sering dilarang pada malam hari berada dibawah pohon besar karena kadar oksigen disana berkurang dan menipis disebabkan oleh tumbuhan yang melakukan proses respirasi.

D. Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses fotosintesis, adalah sebagi berikut:
a. Cahaya Matahari
Cahaya Matahari memang sangat diperlukan bagi proses fotosintesis yang paling utama, oleh sebab itu matahri merupakan sumber kehidupan yang dapat membantu proses fotosintesis untuk menghasilkan oksigen, matahri juga dapat membuat bumi kita ini tidak terlalu dingin, dan akan berbeda jika tidak ada matahri di dalam tatsurya kita ini.
b. Air
Air adalah bahan untuk melakukan proses fotosintesis karena itu air dapat mempengaruhi fotosintesis, jumlah air yang didaptakan tanaman sangat berpengaruh sekali sebabnya kita baiknya sering-sering menyirami tanaman kita dipagi hari, karena pada pagi hari tumbuhan melakukan proses fotosintesis karena adanya sinar matahari.
c. Suhu
Suhu juga sangat berpengaruh terhadap proses fotosintesis, suhu ini dipengaruhi  oleh kadar sinar matahari yang diterima daun karena menurut peneliti setiap kenaikkan suhu 10 derajat maka kerja enzim-enzim yang terdapat pada daun akan bekerja 2x lipat, dan pada siang hari kerja enzim-enzim tersebut dapat bekerja denga maksimal karena suhu yang sangat panas.
d. Usia Daun
Usia daun juga dapat berpengaruh karena itu fotosintesis terjadi pada daun yang berwarna hijau, usia daun yang tua maka warna daun akan berubah menjadi kuning dan kadar klorofilnya juga akan berkurang karena usia daun tersebut.

1 comments:

  1. Jadi inget dulu pas praktek Fotosintesis kelas VIII..
    Makasih gan udah share ilmu'a :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih