Saturday, September 1, 2018

Pengertian Database MySQL

Pengertian Database MySQL – Database sendiri ketika dianalogikan adalah merupakan suatu lemari arsip, dimana ketika kita memiliki suatu arsip dan lemarinya maka kita akan mengelolanya dengan memberikan map , label mapnya serta mengelompokkan map map tersebut sesuai dengan jenis dan kebutuhannya dan lain lain, Database atau sering disebut sebagai basis data dimana terdiri dari 2 suku kata yaitu basis yang berartikan tempat atau gudang dan data yaitu representasi fakta yang ada di dunia nyata berupa angka , huruf , simbol, suara , gambar , teks dan lain – lain, sehingga dengan demikian definis databse adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa bekerja secara efektif untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Prinsip kerja dari database atau basis data sendiri adalah untuk pengaturan data yang disimpan sehingga dapat memiliki kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali atau memunculkan lagi data yang di butuhkan, sedangan perbedaan dengan lemari arsip terletak pada media penyimpanan data tersebut karena database menggunakan media elektronis sedangkan lemari arsip menggunakan lemari besi atau kayu. Namun dari pengertian tersebut tidak semua data yang disimpan dengan media elektronis merupakan database karena dapat dikatan database harus memiliki syarat pengelompokkan data , pemilihan , pengaturan , dan pengorganisasian data secara field sesuai jenis data tersebut.
Oprasi dasar yang dapat dilakukan ketika menggunakan database adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan basis data baru berupa (create database) dimana identik dengan membuat database baru (lemari penyimpanan data baru)
  2. Penghapusan database (drop database) yang memiliki fungsi untuk menghapus database itu sendiri
  3. Pembuatan tabel (create table ) fungsi ini adalah untuk membuat tabel yang digunakan memasukkan data sesuai dengan kelompok tabel yang di inginkan
  4. Penghapusan tabel database ( drop table) merupakan kegunaan untuk menghapus tabel yang ada di dalam database
  5. Pengambilan data (query) merupakan media untuk pencarian data didalam arsip table yang ada di dalam database
  6. Pengubahan data di dalam tabel (update) merupakan kegunaan untuk menambah atau memperbaiki data yang ada di dalam tabel database
  7. Penghapusan data di dalam tabel (delete) merupakan kegunaan untuk mehapus atau mengurangi data yang ada di dalam tabel database.
Pengertian Database MySQL


Pengertian MySQL 
MySQL sendiri merupakan suatu perangkat lunak atau software yang dapat bekerja untuk manajemen database atau basis data SQL maupun DBMS Multithread serta multi user, kegunaan MySQL sendiri merupakan pengembangan fungsi database yang lebih bekerja secara otomatis secara seleksi dan pemilihan serta penginputan data sehingga dapat dikerjakan secara mudah. Pencipta MySQL sendiri bernama Monty Widenius yang bertepatan pada tahun 1979 , penemu MySQL itu berasal dari negara Swedia dengan sistem MySQL pertama diciptakan pada UNIREG dengan menggunakan koneksi low level ISAM database engine dan menggunakan sistem indexing.
Beberapa kelebihan dari MySQL adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan MySQL dapat digunakan secara gratis dan mendapatkan aksesnyaa juga sangat mudah
  2. Sistem keamanan data yang ada di dalam MySQL cukup dibilang sangat baik
  3. MySQL dapat dioprasikan dengan stabil 
  4. Pengguna MySQL cukup banyak di dunia sehingga dapat dikatakan MySQL merupakan suatu sistem database paling sering digunakan.
  5. Perkembangan MySQL di dunia sekarang cukup cepat sehingga tidak akan ketinggalan teknologi sampai saat ini.


0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih