Monday, January 9, 2017

Pengertian Perdagangan Efek

Saham merupakan instrumen ekonomi yang saat ini sangat sering di bicarakan oleh banyak orang, karena tidak heran pada zaman sekarang mudahnya akses internet dan kemudahan persebaran informasi di dunia maya membuat kita semakin penasar akan Pengertian Perdagangan Efek. 
Kebanyakan masyarakat pada saat ini mulai mengira bahwasannya pasar saham merupakan sesuatu langkah bisnis menjanjikan , menggiurkan dan sangat wah jika dibayangkan, karena pada dasarnya kemudahan untuk mendapatkan pundi pundi keuntungan dengan melihat instrumen harga ekonomi suatu index komediti.

Pengertian Perdagangan Efek

Dalam bisnis saham , pada saat kita melakukan transaksi di dalamnya bisa kita sebuat sebagai trading , dimana orang yang melakukan trading disebut sebagai trader, dalam kasusnya seorang trader dapat dikatakan sebagai orang yang berpengaruh dalam proses mendapatkan keuuntungan di dalam pasar saham, lalu bagaimana sebenarnya yang di lakukan trader pada saat memutuskan ingin membeli suatu index atau menjualnya? Dalam dunia trading proses analisa pasar sangat diperlukan untuk mendapatkan keuntungan dalam analisa trading ada dua hal yang sangat diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  1. Analisa Teknikal
  2. Analisa Fundamental
Analisa Teknikal
Analisa teknikal merupakan analisa yang dilakukan dengan menggunakan metode hitung grafik pada index suatu pasar saham, karena pergerkakan saham angka ada titik jenuh dan support nya, sehingga muncullah analisa teknikal ini , dimana analisa yang melihat pergerakkan grafik saham.

Analisa Fundamental
Analisa fundamental merupakan analisa yang dilakukan dengan memanfaatkan kabar berita ekonomi yang ada di seluruh dunia, dimana kabar eknomi ini bisa hadir karena berbagai macam berita, yaitu politik , eknomi , kebijakan negara , peperangan dan lain lain,sehingga analisa fundamental jauh lebih rumit karena memperhitungkan efek yang akan di akibatkan dari setiap peristiwa terhadap pasar saham.

Untuk melakukan Perdagangan Efek dapat dibedakan dari segi siapa yang mengelola dana trading tersebut, apabila kita sudah bisa melakukan trading dengan baik dan menjadi seorang trader maka kita tidak perlu membutuhkan partner perantra perdagangan saham, karena resiko untung dan rugi sudah ada pada kendali kita dalam masuk setiap pasar saham yang ada. Namun ada pula seorang yang ingin masuk ke pasar saham hanya mempunyai modal dan tidak memiliki skill trading yang mumpuni, jadi seseorang ini perlu untuk berpartner dengan Perantara Perdagangan Efek , dimana perantara perdagangan efek adalah Pialang saham atau broker dealer, adalah Pihak yang melakukan kegiatan usaha jual beli Efek untuk kepentingan sendiri atau pihak lain. Sehingga si pemilik dana akan menerima keuntungan dan kerugian dimana jika untung akan dibagi beberapa persen kepada pemilik jasa trading tersebut, namun jika loss dapat hanya di tanggung pemilik modal atau ada perjanjian pemilik jasa mengganti beberapa persen dari kerugian.

Jadi untuk Pengertian Perdagangan Efek merupakan tempat seorang trader ingin melakukan trading di pasar saham dalam bentuk jual atau beli dalam suatu instrumen eknomi

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih