Tuesday, November 4, 2014

Mengenal Dan Memahami Teks Eksposisi

Mengenal Dan Memahami Teks Eksposisi
Paragraf eksposisi adalah paragraf atau keterangan yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi tentang sesuatu, sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca. Sifat dari paragraf eksposisi adalah bersifat ilmiah / nonfiksi. Sumber keterangan dari paragraf eksposisi ini bisa diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.
Ciri – Ciri Paragraf Eksposisi

  1. Berupa tulisan yang memberikan pengertian dan pengetahuan
  2. Menjawab pertanyaan tentang apa , mengapa , kapan dan bagaimana.
  3. Disampaikan secara lugas dengan menggunakan bahasa , beku
  4. Bersifat netral, dalam artian tidak memihak atau tidak memaksakan penulis terhadap pembaca.

Dalam memahami paragraf eksposisi diperlukan pemahaman pada krangka – krangka teks yang dicantumkan di dalam sebuah paragraf eksposisi, krangka atau struktur teks eksposisi terdiri dari bagian – bagian berikut ini:

  1. Pernyataan pendapat atau tesis, berisi tentang pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks.
  2. Argumentasi, berisi tentang argumen – argumen yang mendukung pernyataan dari penulis.
  3. Penegasan ulang pendapat , berisi perngulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan.
Mengenal Dan Memahami Teks Eksposisi


Jenis – Jenis Teks Eksposisi

  1. Eksposisi definisi , adalah paragraf yang isinya mengenai batasan pengertian tentang sesuatu dengan memfokuskan pada karakteristik sesuatu itu.
  2. Eksposisi proses , adalah karangan yang sering ditemukan dalam buku – buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara – cara tertentu.
  3. Eksposisi klasifikasi , adalah paragraf yang isinya membagi sesuatu dan mengelompokkan kedalam kategori – kategori.
  4. Eksposisi ilustrasi / contoh, adalah pengembangganya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide.
  5. Eksposisi perbandingan , dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.
  6. Eksposisi pertentangan , adalah berisi pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain, frasa penghubung yang biasa digunakan adalah akan tetapi, meskipun begitu , sebaliknya.
  7. Eksposisi laporan , adalah eksposisi berisi laporan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang tengah terjadi.

Cara Menyusun Dan Meringkas Teks Eksposisi
Dalam konsep paragaraf eksposisi, pastilah kita akan memeliki beberapa tugas yang akan diberikan guru, salah satunya  adalah tugas menyusun dan meringkas teks eksposisi, lalu bagaimanakaha caranya untuk mengerjakan tugas tersebut? Simaklah berikut ini untuk menysusun teks eksposisi dan meringkas sebuah teks eksposisi.
Menyusun Teks Eksposisi
Paragraf eksposisi berisi uraian atau penjelasan suatu topik, yang bertujuan untuk memberi informasi atau pengetaahuan kepada pembaca. Langkah penyususnan teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan topik yang akan diberikan dalam tulisan anda.
  2. Menentukan tujuan dari teks eksposisi yang anda buat.
  3. Mengumpulkan data eksposisi dari berbagai sumber.
  4. Membuat kerangka karangan sesuai topik yang akan disajikan.
  5. Mengembangkan kerangak karangan menjadi paragraf eksposisi.

Meringkas Teks Eksposisi
Untuk memudahkan pemahaman anda tentang teks eksposisi, anda dapat membuat ringkas teksnya, meringkas teks eksposisi dilakukan dengan cara membaca keseluruhan teksebut secara seksama, dari awal sampai akhir, kemudian catatlah beberapa pokok teks dari setiap paragraf yang sudah anda baca, stelah itu rangkai pokok – pokok paragraf tadi menjadi satu rangkain paragraf yang padu , dengan menggunakan kelimat efektif.

Itulah beberapa materi bahasa indonesia yang sudah saya berikan pada artikel Mengenal Dan Memahami Teks Eksposisi semoga dapat membantu kalian semua memahami apa itu teks eksposisi dan berbagai macam jenisnya serta cara meringkas dan menyusun sebuah teks eksposisi. 

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih