Friday, November 22, 2013

Materi Bahasa Indonesia Teks Ilmiah Sederhana


Teks Ilmiah Sederhana
Jenis teks ilmiah sederhana terdiri dari prosa non fiksi, artikel yang berupa artikel, tajuk rencana dan lain-lain yang kesemuanya merupakan sebuah teks ilmiah sederhana.

Prosa Non Fiksi
Prosa Non Fiksi adalah suatu karangan yang tidak berdasarkan rekaan atau khayalan pengarang, sehingga prosa non fiksi merupakan artikel yang berisi informasi faktual dan bukanlah opini yang merupakan kenyataan apa yang terjadi, dapat juga hasil dari pengamatan pengarang, prosa non fiksi sendiri diungkapkan secara sistematis , kronologis, atau kilas balik yang menggunakan bahasa semiformal karangan prosa non fiksi sendiri dapat berbentuk eksposisi, persuasi , deskripsi atau campuran, prosa non fiksi dapat disebut sebagai karangan semiilmiah. Yang termasuk karangan semiilmiah adalah artikel,tajuk rencana, opini , feature, tips , biografi iklan , reportase , pidato dan lain sebaginnya.

Materi Bahasa Indonesia Teks Ilmiah Sederhana
1. Artikel
Artikel adalah sebuah karangan yang berisi uraian atau pemaparan, yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut

  • Isi dari artikel merupakan fakta bukan karangan, bukan sekedar realita
  • Bersifat faktual
  • Uraian bukan sepenuhnya pemikiran pengarang
  • Isi artikel dapat berbentuk apa saja, seperti : profil tokoh, pariwisata dan lain-lain.

2. Tajuk Rencana
Tajuk rencana atau editorial adalah karangan yang bersifat argumentatif yang ditulis oleh lembaga atau redaktur media massa tentang hal-hal yang sedang terjadi atau faktual dan aktual, isi dari tajuk sendiri adalah pandangan atau tanggapan penulis mengenai permasalahan atau peristiwa, tajuk rencana sendiri dapat bernama apa saja, tergantung misi dari media massa tersebut, contoh tajuk rencana koran Jawa Pos bernama Jati Diri.
3. Opini 
Opini merupakan tangggapan atau hasil pemikiran seseorang tentang suatu hal, opini sendiri merupakan bentuk prosa faktual karena walaupun masih bersifat pendapat seseorang tetapi  dalam opini diungkapkan berbagai alasan yang dapat menguatkan pendapat tersebut.
4. Feature
Feature atau ficer adalah sejenis artikel eksposisi yang memberikan tekanan aspek tertentu yang dianggap menarik atau perlu ditonjolkan dari suatu objek atau peristiwa yang memiliki daya tarik secara emosionla , pribadi atau bersifat humor, feature sendiri memiliki isi bukan berita faktual tetapi berita yang telah terjadi tetapi memilki kalimat yang menceritakan kembali peristiwa tersebut.
5. Biografi 
Biografi adalah kisah atau riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, biografi sendiri ditulis bertujuan untuk memberikan informasi bagi pembaca tentang seorang tokoh yang diceritakan mulai kecil sampai dewasa bahkan sampai dia meninggal, biografi sendiri memiliki dua jenis yaitu : otobiografi dan biografi sendiri. Otobiografi adalah sebuah karangan yang menceritakan tentang riwayat hidup suatu tokoh tetapi ditulis sendiri oleh tokoh tersebut, sedangkan biografi sendiri merupakan sebuah karangan yang menceritakan tentang riwayat hdiup suatu tokoh tetapi ditulis oleh orang lain.
6. Pidato
Pidato, khotbah, dan ceramah adalah salah satu teks yang bersifat ilmiah yang dibacakan didepan massa atau umum, dalam metode penyampaian pidato ada 4 cara yaitu: dengan menghafal  naskah, membaca naskah, Improptu atau langsung tanpa teks, Ekstemporan yaitu dengan menggunakan catatan kecil.
7. Iklan
Iklan adalah salah satu bentuk karya ilmiah karena berbentuk faktual dan fakta, walaupun begitu didalam iklan produk biasanya menggunakan bahasa melebih-lebihkan kualitas barang, tetapi itu adalah salah satu cara untuk menarik pembeli, iklan sendiri dapat berbentuk sebagai berikut: berbentuk iklan baris, berbentuk iklan gambar , berbentuk iklan suara , berbentuk iklan biasa dan lain sebaginya. 

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih