Thursday, October 30, 2014

Cara Mudah Menjadi Siswa Berprestasi


Cara mudah menjadi siswa berprestasi – Banyak dari kita berkeinginan untuk menjadi seorang siswa berprestasi, baik dalam hal akademik maupun non akademik, untuk sekedar membanggakan orang tua kita yang membiyayai sekolah, tetapi memeiliki kendala dalam melakukan dan memwujudkannya, sebenarnya artikel ini adalah inspirasi yang saya tulis dari teman sekelas saya diamana dia adalah seorang siswa yang berprestasi unggul di kelas dalam hal pelajaran dan dia sangat cerdas, dia juga berhasil memenangkan beberapa lomba bergengsi. Sebenarnya menjadi siswa yang berprestasi itu gampang-gampang susah dan agak sedikit dipaksakan karena wajar di usia-usia seperti kita cenderung keinginan untuk bermainannya itu masih tinggi,
Cara Mudah Menjadi Siswa Berprestasi

Dalam menjadi seorang yang berprestasi banyak hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan terutama adalah faktor dalam diri kita sendiri, karena kita lah yang mempunyai kengininan untuk maju atau tidak. Berikut adalah caranya :
1. Niat
Memang hal awal yang harus dilakkukan adalah niat, berusahalah untuk niat dan selalu antusias dalam mendengarkan pelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, karena hal ini adalah modal awal anda untuk menjadi seorang siswa berprestasi.
2 Aktif
Bukan hal yang luar biasa jika dia adalah seorang siswa berprestasi dia terlihat aktif dalam pelajaran dan tidak malu bertanya, maka dari itu mulai saat ini aktiflah dalam pelajaran ataupun bentuk forum-forum belajar lainnya.
3. Kritis
Berfikir kritis dan merasa kurang puas adalah hal yang sangat diperlukan, dengan menerapkan sifat kritis ini anda dapat merasakan kurang dalam kegiatan belajar sehingga anda tergugah untuk terus beajar.
4. Belajar
Belajar memang dilakukan oleh semua orang tetapi terkadang tidak menghasilakan prestasi alias belum dikatakan dapat berprestasi. Ada cara yang dilakukan dalam belajar yaitu usahakan jangan paksa diri anda untuk belajar tetapi anggap belajar sebagai hobi dan kebutuhan, dengan belajar yang tanpa paksaan materi yang anda pelajari akan anda serap dan pahami sangat mudah.
5. Kerjakan Tugas
Setiap tugas yang diberikan oleh guru kerjakanlah dengan baik agar mendapat nilai maksimal karena hal tersebut akan membuat diri anda menonjol di mata guru itu dan peluang untuk berprestasi akan semakin besar untuk anda.
6. Percaya Diri
Percaya diri adalah salah satu sifat yang baik dan harus dimiliki anda karena diri anda yang tidak mudah dipengaruhi oleh teman, pada saat ulangan tidak akan pernah menyontek teman karena pada saat anda menyontek teman anda akan merasa malas belajar dan salalu bergantung pada teman.
7. Ikut Ekstrakulikuler
Dalam mengikuti ekstrakulikuler anda akan di didiki mandiri, displin dan bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain disana juga anda dapat mengembangkan bakat anda dan tak menuntut kemungkinan anda dapat berprestasi bukan lewat akedemik tetapi lewat non akedemik seperti ekstrakulikuler.
8. Dekat Dengan Semua Guru
Sering ngobrol dan sharing tentang pelajaran dengan guru akan membuat anda semakin unggul dalam belajar dan anda akan menonjol di mata guru tersebut di dalam kelas, dan tak menutup kemungkinan peluang prestasi muncul karena diri guru tersebut yang menawarkan anda untuk ikut lomba.
9. Sholat & Do’a
Penutup dari semua penutup inti dari semua inti yang anda kerjakan sebelumnya yang terpenting adalah do’a kepada tuhan karena semua rizki datang dari Tuhan oleh karena itu jangan pernah lupa untuk terus selalu berdo’a kepadanya dalam bentuk ibadah yang taat pasti nantinya anda akan menjadi seorang siswa yang berprestasi.

1 comments:

  1. bagus sekali gan artikelnya, ijin nyimak dan mantau ajee yaa :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih