Sunday, August 20, 2017

4 Jenis Penyakit Karena Kekurangan Serat

4 Jenis Penyakit Karena Kekurangan Serat – Pola makan memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan badan, maka dari itu pola makan yang teratur dan sehat sangat harus dilakukan dan di perhatikan untuk dapat menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
Salah satu asupan makanan yang harus ada dalam setiap pola makan adalah serat, karena serat sangatlah diperlukan untuk dapat menjaga kesetabilan pencernaan tubuh, maka dari itu asupan serat yang cukup memberikan efek yang baik terhadap tubuh kita.
Lalu apa saja penyakit yang diakibatkan kekurangan serat?


1.  Kolestrol
Menurut Studi yang telah dilakukan bahwa untuk dapat mengurangi resiko terkan penyakit kolestrol adalah dengan mengkonsumsi serat yang cukup dalam pola makan, dengan terjaganya kadar kolestrol dari asupan makanan maka tingkat terkena penyakit ini akan semakin rendah, sebaliknya, jika kita kekurangan serat dalam asupan maka penyakit kolestrol akan mudah datang.

2.  Diabetes
Serat tak hanya membantu penanganan diabetes, tetapi juga menjadi pencegahan yang efektif. Diet kaya serat terbukti mampu mengurangi risiko diabetes hingga 28% , kadar gula dara dan serat dalam asupan sangat mempengaruhi penyakit diabetes dalam tubuh.

3.  Kanker
Hampir kebanyakan munculnya kanker mayoritas karena pola makan yang ada, dimana tidak seimbang dan sehatnya kandungan gizi yang ada di dalamnya, maka dari itu dengan kekurangan serat dalam asupan semakin memperbesar peluang kemunculan kanker dalam tubuh.

4.  Irritable bowel syndrome (IBS)
Saat perut bergejolak, saraf-saraf dan otot-otot pada usus besar menjadi sangat sensitif terhadap beberapa makanan. Hasilnya, perut bisa kram, kembung, ingin kentut terus karena penuh gas, diare, dan konstipasi. Untuk menghindari penyakit ini makanan yang kaya serat akan sangat bermanfaat memperlancar BAB dan menjaga pencernaan tetap sehat.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih