Friday, January 13, 2017

Ciri Ciri Matahari Dalam Tata Surya

Matahari merupakan planet terpenting di dalam tatasurya karena matahari merupakan sumber energi kehidupan , dan merupakan pengikat poros rotasi planet planet di tatasurya, maka dari itu matahari sangat sering di amati oleh peneliti karena merupakan komponen terpenting di dalam tatsurya. Karena tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis yang dimana merupakan proses pembuatan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia, sedangkan manusia membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan nutrisi nutrisi alam seperti vitamin D pada sinar matahari,

Ciri Ciri Matahari

Lalu sebenarnya dari banyak penjelasan kehebatan matahari, apa saja sih sebenarnyta Ciri Ciri Matahari yang belum kita ketahui, matahari yang merupakan planet terbesar di tatasurya memiliki beberapa ciri ciri anatara lain sebagai berikut :

  1. Lidah Matahari atau yang disebut prominensa adalah lidah api yang ada di dalam matahari dimana lidah api ini adalah bagian yang sangat besar , super terang yang dimana pergerakknya mencuat dari permukaan matahari, dimana bentuk dari lidah api ini berbentuk loop atau putaran. Letak dari lidah apai berada di bagian photosphere di matahari pergerakknya menuju ke korono dari bagian matahari.
  2. Bintik Matahari adalah granula - granula cembung kecil yang dimana ditemukan dalam lapisan fotosfer matahari dengan banyak jumlah yang tidak dapat terhitung, bintik matahari ini tercpita ketika garis medan magnet matahari menembus bagian fotosfer. Dalam ukuran yang ada bintik matahari terkadang jauh lebih besar dibandingkan bumi. Suhu penumbra sekitar 2200 C sampai dengan 3500 C.
  3. Angin Matahari merupakan aliran partikel yang menyeber kesegala arah dari atmosfer terluar matahari yang dikenal dengan nama korona. Dalam kecepatanya kecepatan angin matahari mencapai 400 KM / detik, Apbila angin matahari ini untuk sampai ke bumi membutuhkan waktu selama 4 - 5 hari. Susunan yang ada dalam angin matahari adalah elektron ber energi tinggi dan proton yang mampu melepaskan diri dari gravitasi.
  4. Badai Matahari adalah ledakan besar di atmosfer matahari yang dapat melepaskan energi sebesar 6 × 1025 joule. Istilah ini juga digunakan untuk fenomena yang mirip di bintang lain. Badai matahari mempengaruhi semua lapisan atmosfer matahari (fotosfer, korona dan kromosfer). Kebanyakan badai terjadi di wilayah aktif disekitar bintik matahari. Sinar X dan radiasi ultraviolet yang dikeluarkan oleh badai matahari dapat mempengaruhi ionosfer Bumi dan mengganggu komunikasi radio.
Ciri Ciri Matahari merupakan ciri khas khusus dari matahari yang amat sangat fenomenal karena berada di luar planet kita.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih