Saturday, February 6, 2016

Materi IPA SMP Alam Semesta Dan Tata Surya

Tata Bintang Dan Tata Surya

Tata bintang adalah sistem organisasi sekitar satu tahun cahaya terdiri dari satu bintang dan jutaan hingga triliunan benda langit kecil, dari planet, komet, asteroid, meteoroid, satelit, debu, dan gas, semua terikat dengan gravitasi bersama. Ada tata bintang yang terdiri dari bintang ganda, bintang rangkap tiga, bintang rangkap banyak bahkan ratusan hingga jutaan bintang. Bila telah membentuk sistem lebih dari sepuluh, tata bintang itu disebut kluster bintang. 85% bintang di galaksi bima sakti adalah tata bintang ganda.

Matahari Sebagai Bintang
Bintang adalah benda langit tunggal yang dapat memancarkan cahayanya sendiri, dalam tatasurya kita ini yang disebut sebagai bintang adalah matahari, karena matahari dapat memancarkan cahayanya sendiri. Usia matahari sendiri adalah 5 miliar tahun dan luas matahari hampir kurang lebih 20 kali luas bumi kita ini, ukuran matahari sendiri akan terlihat jelas ketika sedang dalam fase gerhana matahari total, dimana akan nampak ukuran matahari yang sebenarnya, Matahari dan bintang pada umumnya memiliki bintik yang merupakan daerah lebih dingin dari sekitarnya. Mereka juga memiliki flare, sebuah juluran materi bintang yang mirip rambut api.

Materi IPA SMP Alam Semesta Dan Tata Surya

Planet
Planet sendiri adalah benda langit yang mengelilingi bintang, dalam jalur orbiotnya tidak memotoang tetapi saling melingkar mengelilingi bintang, planet sendiri mempunyai ciri tidak menyinarkan cahayanya sendiri dengan kata lain bahwa planet memerlukan bintang untuk dapat bersinar, dalam unsur pembentuknya sebuah planet, planet sendiri dibagi menjadi dua unsur pembentuknya yaitu planet gas dan planet batu,  contoh dari planet batu adalah mars , bumi , venus , dan merkurius sedangkan contoh planet gas adalah yupiter , saturnus , uranus, dan neptunus, dan dari semua planet tersebut memiliki sebuah satelit.

Selain planet dalam tatasurya terdapat planet kerdil , planet kerdil merupakan planet yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil seperti satelit, dalam tatsurya ada 5 planet kerdil yaitu sebagai berikut : pluto , ceres , eris , makemake dan haumea. Dalam bentuknya sendiri haumea berbentukl lonjong dan permukannya sendiri halus, dalam jarak dengan matahri orbit haumea lebih dekat dibandingkan dengan orbit pluto.

Satelit
Satelit sendiri merupakan benda yang menyerupai planet namun satelit sendiri mengelilingi planet, dalam bentuknya satelit dibagi menjadi dua jenis, yaitu satelit alam dan satelit buatan, contoh dari satelit alam bumi adalah bulan, bulan mengililingi bumi yang merupakan sebuah planet, sehingga satelit alam bumi merupakan bulan.

Asteroid
Asteroid sendiri merupakan batuan besar yang ada di luar angkasa, Asteroid sendiri merupakan batuan yang gagal membentuk sebuah planet. Dalam tatasurya sumber utama asteroid terdapat di antara mars dan yupiter dalam area kumpulan asteroid tersebut sering disebut sebagai sabuk asteroid.

Komet
Dalam bentuk dari sebuah komet dapat dibedakan menjadi dua bagian komet yang sering muncul di tatasurya, jenis komet tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Komet berekor panjang yaitu komet dengan garis lintasannya sangat jauh dengan berjalan melalui daerah daerah yang dingin di luar angkasa, sehingga komet tersebut dapat menyerap gas gas di sekitaran daerah yang dilaluinya, ketika komet sedang mendekati matahari komet akan mengeluarkan gas sehingga membuat sebuah koma dan ekor yang sangat panjang.
  2. Komet berekor pendek yaitu komet yang garis lintasannya sangat pendek sehingga hal tersebut membuatr komet kurang kesempatan untuk menyerap gas di daerah yang dilaluinya, ketika komet mendekati matahari komet melepaskan sedikit gas, sehingga terlihat membentuk ekor pendek.

Meteorid
Meteorid merupakan batuan langit yang muncul karena tabarakan objek yang lebih besar, dalam kasusnya apabila meteorid masuk ke atmostfer bumi maka meteorid akan terbakar dan kita sering menyebutnya sebagai meteor, apabila ukuran meteor tersebut sangat besar dan tidak habis terbakar di atmosfer akan terjadi tumbukkan dengan permukaaan bumi dan menyebabkan lubang besar dibumi, dalam beberapa tahun sekali juga akan terjadi hujan meteor yang dapat kita saksikan di bumi.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih