Wednesday, December 16, 2015

Materi IPA Konservasi Hutan Dan Udara

Konservasi merupakan upaya pelestarian lingkungan hidup, salah satu upaya konservasi adalah konservasi hutan dan udara, kita tahu bahwa hutan merupakan paru paru dunia, dimana dalam hutan terdapat banyak sekali pohon – pohon , dimana pohon pohon tersebut mampu menghasilkan oksigen, sehingga konservasi hutan dapat sekaligus melakukan konservasi udara.

Hutan juga dapat bermanfaat untuk menjaga hidrororologis wilayah tertentu sehingga sebenarnya keberadaan hutan harus memang terus dijaga keberadaanya, dalam kasus penebangan hutan , tindakan tersebut dapat menyebabkan berubahnya sistem hutan dan hidrororlogis fungsi hutan tersebut, akibat dari berubahnya sistem hidrororologis dalam suatu wilayah tersebut dapat juga mengganggu kestabilan iklim di wilayah tersebut, selain penebangang liar, ilegal loging juga sangat mempunyai dampak yang sangat merusak fungsi hutan, dimana air merupakan sumber daya alam yang harus dijaga yang terdapat pada hutan yang mengikat air hujan. Dalam proses pembangunan sebenarnya diupayakan untuk memberikan manfaat sebesar besarnya namun mengurangi resiko kerusakan alam yang sekecil kecilnya.

Materi IPA Konservasi Hutan Dan Udara

Dalam tindakan eksploitasi hutan yang berlangsung lama dan terus menerus membuat beberapa hutan rusak , karena tidak di imbangi dengan penanaman kembali tumbuhan tumbuhan disana, pembalakan liar adalah penyebab utama hutan rusak oleh tangan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, diaman sebenarnya hutan merupakan sumber kehidupan yang harus tetap dijaga demi keseimbangannya ekosistem alam, yang berfungsi sebagai penyedia bahan pangan, penghasil oksigen , penahan lapisan tanah , dan menyimpan cadangan air.

Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan :

  1. Melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang sudah rusak atau gundul
  2. Menerapkan sistem tebang pilih, dimana penebangan hutan dilakukan dengan pemilihan umur pohon yang akan ditebang.
  3. Melakukan pelarangan penebangan hutan secara sewenang wenang.
  4. Melakukan tindakan tebang tanam, dimana setelah kita menebang pohon yang berumur tua, kita akan menggantinya dengan menanam tunas baru pohon secara langsung.

Sedangkan udara adalah unsur yang paling utama dalam kehidupan , karena setiap makhluk hidup membutuhkan udara untuk bertahan hidup, dalam udara terkandung banyak macam gas, salah satu gas tersebut adalah oksigen, dalam kasus pembakaran hutan , akibat yang akan ditimbulkan adalah berkurangnya kadar oksigen , dimana hal ini akan sangat membahayakan bagi kehidupan makhluk hidup, tentunya hal ini yang menyadari perlunya kiat kiat untuk tetap menjaga dan melakukan konservasi udara dengan melalui tindakan tidak merusak hutan dan membuang polusi udara sembarangan.

Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga dan melakukan konservasi udara adalah :

  1. Melakukan penggalakan penanaman pohon secara serentak dimana, hal ini akan memberikan banyak tanaman baru yang akan menghasilkan oksigen.
  2. Melakukan upaya pengurangan emisi atau limbah gas yang dapat mengurangi kadar oksigen di udara, tentunya emisi ini dapat berada pada kendaraan bermotor dan limbah pabrik melalui crobong asap.
  3. Mengurangi pemakain gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon, dimana kita tahu bahwa pada saat ini lapisan ozon kita menipis, dan memicu pemanasan global, lapisan ini menipis karena adanya gas kimia yang dihasilkan dari alat elektronik dan berbagai macam alat lainnya, seperti AC , lemari es , dan spray yang mengandung gas kimia.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih