Tuesday, October 6, 2015

Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan

Dalam materi kali ini kita akan membahas tentang fakta dan opini, mungkin kalian sudah mengerti apa itu fakta dan apa itu opini? Tetapi apabila kalian masih belum mengerti apa itu fakta dan apa itu opini maka akan saya terangkan pada kalian, sebelum kita menginjak materi fakta dan opini dalam teks iklan.

Fakta

Fakta adalah ungkapan dari sesuatu yang benar – benar terjadi alias nyata dan benar adanya. Oleh sebab itu untuk mengenali fakta kalian dapat membedakan tentang kedaan dan peristiwa yang di ungkapkan apa benar terjadi atau tidak.

Opini

Opini adalah hasil anggapan atau pemikiran seseorang tentang peristiwa yaang terjadi baik secara individu maupun kelompok. Namun opini bukanlah sebuah khayalan dari seorang individu maupun kelompok, karena opini adalah merupakan fakta namun di iringi dengan pemikiran sesorang atau kelompok yang bersifat subyektif atau atas kehendak hatinya saja.

Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan

Itu lah perbedaaan antara fakta dan opini kalau kalian masih belum paham cobalah untuk memahaminya sekali lagi sehingga nanti kalau kalian akan mempelajari materi perbadaan fakta dan opini dalam teks iklan maka anda tidak akan merasakan bingung ataupun tidak mengerti. Lalu apa yang di sebut iklan itu? Sebagian teman teman pasti masih belum mengeri apa iklan itu dan hanya dapat melihat ataupun membacanya di media media masa. Baiklah akan saya jelaskan kepada kalian apa itu iklan.

Iklan

Iklan adalah suatu berita yang dapat berupa tulisan, bacaan, maupun gambar yang merujukkan pada orang orang agar mau atau tertarik pada barang barang maupun jasa yang di iklankan.
Iklan ini biasanya dapat tertampang pada beberapa media masa seperti koran , majalah , sepanduk , selebaran , maupun media masa lainnya seperti televisi dan radio.

Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan

Pahamilah contoh iklan dibawah ini :

Dijual Mobil Surabaya, dijual cepat , mobil avanza merah , tahn 2010 , kondisi mulus , jl,kahurpian no 1 surabaya , harga 120 jt , hub : 085785140344

Dalam contoh teks iklan di atas kalian dapat membedakan kalimat fakta dan opini dalam iklan tersebut caranya adalah seperti tadi , pahami dengan seksama apa itu fakta dan apa itu opini apabila anda sudah paham , pasti dalam contoh iklan di atas kalian akan mengetahui mana kalimat fakta dan mana kalimat opini.

Informasi Fakta :

  1. Mobil Di Jual
  2. Alamat Rumah Penjual
  3. Nomer Hp penjual

Informasi Opini

  1. Dijual cepat
  2. Kondisi mobil mulus
  3. Harga 120 jt ( karena kadang gak selalu 120jt makanya bukan fakta)

Itulah beberapa contoh kalimat opini dan fakta dalam iklan semoga anda memahami dengan seksama penjalasan tadi sehingga anda dapat mengerti dan mengerjakan tugas kalian dengan baik. Terimakasih.

1 comments:

  1. Hai. Saya ingin bertanya kenapa "Harga 120 juta" termasuk dalam opini? Kalau penjualnya menjual mobil dengan harga 120 juta bukankah itu dapat dibuktikan?

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih