Friday, January 23, 2015

Cara Cepat Untuk Menyusun Makalah

Mungkin sebagian besar siswa smp dan sma atau smk pernah mendapatkan tugas dari guru yang berupa pembuatan makalah, tetapi apakah pekerjaan itu dapat dikerjakan dengan mudah? Saya rasa tidak akan semudah itu, bagi mereka yang memang tidak terbiasa untuk mengetik dan menguraikan beberapa kalimat yang tersusun secara rapi pasti akan merasa kesusahan, selain itu waktu pengumpulan makalah terkadang sangat mepet sekali, lalu bagimanakah cara untuk menyusun makalah dengan cepat? Simaklah beberapa uraian teknik pembuatan makalah dengan cepat sehingga tidak menyita banyak waktu.

Untuk teknik menyusun makalah dengan cepat ini, saya sarankan hanya untuk siswa kelas smp dan sma atau smk karena jika anda menggunakan metode saya untuk tugas kuliah akan sangat lain lagi, karena keadaan dan pemikiran pembimbing atau guru memang sangat jauh berbeda, baiklah apa saja kah yang harus dilakukan untuk menyusun makalah dengan cepat? Berikut adalah cara terbaik untuk membuat makalah dengan cepat.

Cara Cepat Untuk Menyusun Makalah

Langkah awal adalah siapkan halaman utama makalah, dalam pembuatan makalah memang tidak akan ada yang bisa melupakan hal ini, yaitu halaman depan, terutama cover makalah, apabila anda merasa kebingungan cukuplah berikan dalam menbuat cover beri saja cover makalah dengan logo sekolah, judul makalah , dan penyusun / penulis makalah tersebut, susun agar terlihat rapi, biasanya bagian atas adalah judul makalah, tengah logo sekolah dan bwaha adalah nama penyusun makalah.

Langkah kedua adalah siapkan bahan atau isi materi dalam makalah, hal ini cukup penting agar makalah anda akan terlihat berisi dan terbayang strukturnya sebelum anda membuat bab 1 atau bagian pendahuluan, karena isi makalah yang paling terpenting agar makalah tersebut kelihatan jelas dan dapat dipahami oleh pembaca, untuk cara cepatnya anda bisa browsing saja di internet ambil sebanyak – banyaknya artikel sebelum anda sortir tiap kata dan penjelasan dalam materi tersebut, karena terkadang ada beberapa uraian paragaraf yang salah satu katanya tidak cocok atau tidak bagus untuk dimasukkan dalam makalah. Intinya gabungkan kesemua materi tadi sehingga enak untuk dibaca dan dilihat.

Langkah ketiga adalah sekarang anda perlu untuk membuat bagian penjelas makalah seperti pendahaluan dan lain sebagainya, cara ini memang cukup paling rumit apabila anda tidak terbiasa untuk membuatnya, oleh sebab itu anda bisa mengambil contoh pendahuluan, lembar pengesahan, dll lewat browsing di internet, tentunya, sebelum anda menggunakan contoh tersebut anda baca terlebih dahulu apakah sudah pas atau tidak, setelah dirasa cukup bagus dan pas anda bisa edit-edit sedikit beberapa kalimat agar terlihat sinkorn dengan tema makalah dan rapi serta enak untuk dibaca.

Langkah keempat adalah gabungkan semu step tadi menjadi satu, sehingga akan terbentuk menjadi soft makalah yang masih belum di print out, pada saat menyatukan ketiga step tadi menjadi satu ada baiknya anda baca kembali makalah tadi sebelum di print out, apakah sudah sesuai atau tidak, selain dibaca kembali, kalian atur lebar, jenis huruf dan tata letak paragraf agar sesuai dengan kertas dan enak untuk bisa dibaca.

Langkah terakhir adalah segera print out makalah anda menjadi bentuk lembaran – lembaran kertas di lembaran ukuran A3, sehingga akan terlihat bentuk hard copy makalah yang sudah anda buat tadi, jangan lupa setelah di print out cek kembali dengan mengurutkan halaman dan membacanya kembali, apabila sudah clear, maka lembaran tadi siap untuk di jilid dan menjadi sebuah makalah.

Itualah beberapa teknik cara menysun dan membuat makalah dengan cepat baik dan benar, karena sesuai pengalaman saya, pembuatan makalah dengan metode ini tak sampai 45 menit, bentuk makalah pasti akan terlihat dan sudah siap untuk print out, tetapi apabila memang anda mempunyai waktu yang memang sangat - sangat mepet, anda bisa juga langsung download jadi makalah yang susuai dengan tema isi makalah yang akan anda buat, tetapi anda harus mengeditnya lagi dengan teliti sehingga menjadi makalah yang diinginkan. Sekian dan semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih