Tuesday, December 16, 2014

Tips Menghilangkan Rasa Pesimis Saat Menghadapi Ujian

Tips Menghilangkan Rasa Pesimis Saat Menghadapi Ujian – Tak semua orang memang bisa tampil percaya diri dalam menghadapi sebuah ujian, terutama ujian di sekolah yang merupakan syarat untuk kita bisa naik kelas maupun lulus, tetapi memang tak dipungkiri lagi bahwasannya rasa pesimis bisa saja muncul ketika anda sedang menghadapi ujian, oleh sebab itu untuk menghadapai ujian anda perlu tahu cara untuk menghilangkan rasa pesimis dan tips dalam menghadapai ujian. Agara jalan anda menuju keberhasilan ujian akan sangat terbuka lebar, karena pada dasar apa yang anda rasakan dalam ujian merupakan sebab dari diri anda sendiri, perasaan yang timbul berasal dari kecemasan kita sendiri, jadi pada inti yang harus anda lakukan adalah optimis dan selalu berfikir positif.

Tips Saat Menghadapi Ujian

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan rasa pesimis dalam menghadapi ujian? Langkah yang harus anda lakukan memang tidak sulit, hanya saja memang anda harus perlu beradaptasi dengan suasan yang memang sangat tidak bersahabat apabila anda berfikir begitu.

Langkah pertama adalah sebaiknya memang sebelum anda menghadapi ujian persiapkan diri anda, dengan belajar secara rutin setiap hari, memahami semua pelajaran dengan baik, dan mengerjakan tugas – tugas yang telah diberikan oleh guru pada kita, apabila anda merasa pesimis mungkin saja anda kurang dalam belajar, atau memang sedang berada pada kata diri anda sendiri dimana anda merasa tidak bisa kalau palajaran a atau pelajaran b, saran saya hilang kan itu, karena akan mempengaruhi fikiran anda.

Langkah kedua adalah persiapkan suasan anda yang nyaman dan tentram, dimana saran saya sebelum ujian anda harus datang pagi. Hal ini dilakukan untuk membuat diri kita beradaptasi dengan suasan ruang kelas, karena menurut pengalaman saya, apabila anda pada saat ujian terlambat datang, atau terlalu mepet hadir di ruang kelas ujian, maka akan berdampak buruk pada saat mengerjakan soal, bisa – bisa apa yang sudah anda pelajari akan buyar seketika. Maka dari itu, berangkat lebih awal pada saat ujian akan sangat benar – benar membantu.

Langkah ketiga adalah sembari anda menunggu waktu ujian, pada saat pagi hari sebelum anda menghadapi ujian, bisa kita tambahkan belajar dan duduk di bangku sesuai nomer kita, hal ini akan membuat kita lebih mengingat kembali semua pelajaran yang sudah kita pelajari kemarin secara garis besar, pada dasarnya membaca dan memahami pelajaran lagi pada saat detik – detik akan ujian merupakan sarana pengingat dan bukan dijadikan sarana saatnya belajar.

Langkah keempat adalah pada saat anda sudah menghadapi soal ujian, kerjakanlah soal yang mudah terlebih dahulu, hal ini memang akan sangat perlu anda lakukan untuk menghemat waktu, dan efisiensi pikiran anda, karena soal yang mudah dengan yang sulit kalau ujian biasa maka nilainya sama, sedangkan di ujian nasional memang soal yang sulit nilainya pasti akan berbeda. Maka dari itu kerjakan soal yang mudah karena memberikan nilai yang pasti bagi anda.

Itulah beberapa langkah tips yang saya berikan sebagai cara untuk menghadapi ujian dengan menghilangkan rasa pesimis, semoga saja dapat bermanfaat bagi anda yang membaca tips saya, karena saya buat tips ini sesuai penglaman yang saya hadapi sewaktu masih dibangku sekolah, dan memang hasilnya cukup memuaskan, dibandingkan saya yang dulu pernah terlambat dalam masuk ruang ujian, jadi silahkan dicoba karena terbukti kualitasnya. Haha ..

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih