Saturday, November 22, 2014

Penjelasan Mengenai Laporan

Pengertian Laporan
Laporan adalah suatu bentuk penyajian sebuah fakta yang dilaporkan kepada atasan atau pemberi penanggung jawab dengan mendasarkan fakta sebagai bahan laporan yang akan diberikan. Dalam penggunaan laporan ada banyak sekali jenis – jenis untuk itulah kali ini saya akan terangkan beberapa jenis laporan tersebut agar anda dapat mengerti dan memahami jenis - jenis laporan tersebut secara terperinci.

Laporan sendiri dapat juga disebut sebagai pengungkapan persitiwa, sebagai contoh, laporan kejadian tentang peristiwa bencana alam , laporan kejadian tentang terjadinya kecelakaan di jalan raya, dll.

Penjelasan Mengenai Laporan

Dalam bentuk penyampaian laporan ada dua jenis penyampaian laporan yaitu secara lisan dan tulisan, dan beberapa unsur yang harus terkandung di dalam sebuah laporan harus memenuhi syarat 5 W 1 H, lalu apa tujuan dibuatnya laporan? Maka dari itu simaklah berikut apa tujuan dibuatnya sebuah laporan:

  1. Memahami dan mengenal masalah yang di hadapi
  2. Memberikan suatu bentuk fakta yang ada
  3. Dapat digunakan untuk membuat suatu kesimpulan 
  4. Dapat memberikan penilaian sesuatu melalui aktivitas kerja 
  5. Digunakan untuk membuat record suatu peristiwa 
  6. Dapat digunakan untuk menentukan plan tindakan 
  7. Menguraikan sesuatu secara terperinci baik tindakan , persitiwa , dll.

Setelah kalian mengetahui apa tujuan dari dibuatnya sebuah laporan maka , sekarang saya akan jelaskan beberapa jenis – jenis dari laporan.

Pengertian Jenis – Jenis Laporan

  1. Laporan Ilmiah – Laporan ilmiah adalah laporan yang dibuat berdasarkan teori – teori tertentu dan dengan menggunakan metode ilmiah yang sudah di sepakati oleh beberapa ilmuan sejak terdahulu. Laporan ilmiah ini merupakan laporan yang sangat obyektif  karena hasil laporan berdasarkan fakta – fakta yang diberikan berdasarkan hasil pengamatan yang sangat teliti beserta bukti – bukti yang nyata.
  2. Laporan Teknis  - Laporan teknis adalah laporan yang dibuat secara teknis untuk mempertanggung jawabkan tugas yang sudah diberikan, dalam pembuatan laporan teknis biasanya digunakan pada sebuah perusahaan.
  3. Laporan Keuangan – Laporan keuangan adalah laporan yang di buat bertujuan untuk melaporkan aktifitas keuangan yang ada, baik laporan keuangan pemasukan maupun pengeluaran.
  4. Laporan Perjalanan – Laporan perjalanan adalah laporang yang dibuat ketika selesai melaksanakan perjalanan, biasanya laporan perjalanan ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan dan pertanggung jawaban kegiatan kepada atasan.
  5. Laporan Harian – Laporan harian adalah laporan yang dibuat setiap hari, biasanya laporan harian bentuknya beragam sesuai dengan kebijakan yang diberikan.
  6. Laporan Mingguan – Laporan mingguan adalah laporan yang dibuat setiap akhir minggu untuk memberikan laporan tanggung jawab dan kegiatan selama seminggu, dalam bentuknya memang bebas baik laporan keuangan, laporan teknis dll.
  7. Laporan Bulanan – Laporan Bulanan adalah laporan yang dibuat setiap akhir bulan, bentuk laporannya memang bebas tetapi terkadang perusahaan yang menerapkan laporan bulanan digunakan untuk menentukan laba atau rugi perusahaan selama sebualan terakhir.
  8. Laporan Tahunan – Laporan Tahunan adalah laporan yang dibuat setiap akhir tahun, atau satu tahun sekali, biasanya bertujuan untuk melaporkan kegiatan dan tanggung jawab selam setahun kebelakang.
  9. Laporan Pengamatan – Laporan pengamatan adalah laporan yang dibuat berdasarkan hasil yang telah di amati, biasanya laporan pengamatan ini digunakan untuk mengamati suatu kejadian.

Itulah beberapa macam pengertian laporan yang sudah saya berikan, semoga dapat membantu anda untuk bisa lebih jelas memahami berbagai bentuk laporan dan pengertian dari beberapa jenis laporan yang telah dibuat oleh kebanyakan orang.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih