Sunday, November 2, 2014

Peninggalan Sejarah Pada Masa Islam Di Indonesia

Peninggalan Sejarah Pada Masa Islam Di Indonesia – Ada banyak sekali peninggalan – peninggalan pada masa islam di indoneisa yang sampai sekarang masih tetap terjaga, masa islam di indonesia dibawa oleh para pedagang – pedagang arab yang singgah di beberapa pelabuhan – pelabuhan di nusantara, sambil berdagang mereka mencoba menyebarkan agama islam kepada penduduk sekitar, salah satu tokoh penyebar agama islam di pulau jawa adalah wali sanga, beliau semua menyebarkan agama islam ke seluruh tanah jawa dengan begitu susahnya namun berkat kehendak Allah beliau semua dapat menegakkan agama islam di tanah jawah, bahkan sampai ke seluruh nusantara dan ke negeri cina.

Peninggalan Sejarah Pada Masa Islam Di Indonesia

Peninggalan – peninggalan pada masa islam di indonesia cukup banyak sekali, memang pemeluk agama islam terbanyak seluruh dunia adalah masyarakat indonesia, tidak heran jika peninggalan – peninggalan islam di indonesia cukup banyak dan ber aneka ragam. Berikut adalah peninggalan masa islam di indonesia.

Masjid
Masjid merupakan tempat ibadah dari umat islam, ciri – ciri masjid peninggalan sejarah adalah sebagai berikut:

  1. Beratap tumpang atau menumpuk dan berbentuk limas segi empat, dibagian puncaknya terdapat penutup yang disebut mustaka.
  2. Terdapat menara sebagai tempat untung mengumandangkan adzan
  3. Biasanya didirikan di pusat kota
  4. Terdapat gapura dalam pintu gerbangnya

Pesantren
Pesantren adalah tempat untuk mempelajari agama islam, orang yang mengajar di pesantren di sebut Kiai dan yang belajar di pesantren di sebut santri. Para santri sendiri bertempat tinggal di sebuah asrama, yang dibedakan antara asrama wanita dan laki – laki. Beberapa pesantren yang terkenal adalah:

  1. Pesantren Tebu Ireng Jombang , Jawa Timur
  2. Pesantren Modern Gontor di Ponorogo, Jawa Timur
  3. Pesantren Suralaya di Tasikmalaya , Jawa Barat

Keraton
Keraton merupakan salah satu peninggalan pada masa islam, keraton sendiri adalah tempat tinggal dari raja dan keluarganya, selain itu keraton juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Contoh dari keraton adalah keraton kesepuhan cirebon , keraton kaibon banten, keraton kasunanan surakarta , keraton yogyakarta.
Batu Nisan
Batu nisan merupakan penanda kuburan seseroang, makam adalah tempat untuk menguburkan orang yang meninggal, makam para wali biasanya sering disertai dengan bangunan masjid.
Karya Sastra
Banyak peninggalan – peninggalan pada masa islam yang berbentuk sastra, berikut ini adalah macam – macam sastra peninggalan pada masa islam di indonesia.

  1. Hikayat adalah bentuk karya sastra lama di indonesia bercorak islam, yang berisi cerita yang bertujuan untuk pelipur lara,pembangkit semangat juang atau sekedar untuk meramaikan hajatan atau pesta.
  2. Suluk adalah kitab yang berisi ajaran tasawuf, contoh : suluk sukarsa , suluk wujil , dan suluk malang sumirang.
  3. Syair adalah sajak yang terdiri dari atas empat baris pada tiap – tiap baitnya.
  4. Babad adalah cerita sejarah yang biasanya lebih menekankan pada ceritanya daripada uraian sejarahnya.

Kaligafri
Kaligafri adalah seni menulis huruf dengan menggunakan bahasa arab, kaligafri sendiri dibuat dengan model – model huruf yang sangat indah jika dilihat, sehingga menambahkan unsur seni di dalamnya.
Tradisi Keagamaan
Tradisi yang berada di masyarakat, sebagian adalah merupakan peninggalan sejarah pada masa islam, dimana tradisi tersebut terus diaja dan dilestarikan hinggga saat ini, oleh sebab itu sering kita melihat tradisi keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat, contohny adalah sebagai berikut : Sekaten , Yoqowiyu , Malam Salikuran , Grebeg Mulud , Peringatan Kematian atau tahlil.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih