Friday, November 21, 2014

Peluang Kerja Untuk Jurusan Pertanian

Dalam memabahas jurusan pertanian ini memang saya cukup memandang luas beberapa peluang usaha yang bisa dijalankan jika anda memang adalah berasal dari jurusan pertanian tak perlu pusing dan minder, memang orang memfikirkan jurusan pertanian itu tidak kompeten dan lain – lain, namun bagi saya prospek kerja dari jurusan pertanian memang cukup banyak dan luas, tinggal bagaimana cara kita berfikir bagaimana cara mendapatkan dan memanfaatkan peluang itu menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan untuk kita.

Dalam dunia pertanian memang sebenarnya tidak hanya membahas tentang kerja sebagai petani biasa yaitu menanam padi dan jagung, namun akan banyak sekali peluang usaha yang bisa anda ambil dalam peluang kerja pada jurusan pertanian, kunci utama untuk sukses disini adalah anda mampu mengembangkan skill yang sudah anda punyai, baik merawat tanaman menjadi lebih produktif dan bagaimana cara memaksimalkan hasil yang di dapat.

Peluang Kerja Untuk Jurusan Pertanian

Sebenarnya dalam peluang kerja dalam jurusan pertanian memang peluang bekerja di perusahaan itu sangat minim, tetapi jika anda bisa meneruskannya sampai perguruan tinggi maka peluang sukses menjadi pegawai pertanian negara pasti akan cukup terbuka dengan lebar, bagi yang tidak bisa meneruskan kuliah jangan khawatir, berikut adalah beberap peluang kerja yang dapat anda kerjakan :

  1. Menanam komediti buah yang sepi pesaing – Kunci dari anda sukses untuk mengembangkan bisnis terutama pertanian tak lepas dari yang namanya permintaan pasar, jika anda memanen hasil pertanian dan banyak juga petani yang memanen hasil yang sama sehingga barang di pasaran banyak yang beredar inilah yang membuat nilai jual hasil pertanian kita turuan, lalu bagaimanakah stareginya? Kuncinya tanamlah tanaman yang bukan umum peminatnya banyak tetapi kebutuhannya sangat jarang, seperti jamur tiram dll. Maka tentunya harga pasaran hasil panen anda akan lebih mahal dan menguntungkan.
  2. Berbisnis menanam buah melon – Kenapa saya memilih buah melon? Karena menurut kabar teman – teman saya yang jurusan pertanian, lebih mudah untuk merawat buah melon dibandingkan dengan merawat tanaman buah lainnya, selain buah melon dapat di panen jangak pendek, perawatannya juga cukup mudah, dan harga jual buah melon juga cukup tinggi, terutama jika anda memanennya pada waktu bukan musimnya.
  3. Berbisnis menanam buah apel – Dalam permintaan pasar, terutama buah apel memang tidak akan pernah ada habisnya, jika anda mampu bermitra atau membuat mitra tani buah apel, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal, dibandingkan anda menjualnya sendiri, kunci dari mitra tani buah apel adalah, mengutmakan kualitas sehingga buah apel anda akan bisa masuk ke perusahaan pengolahan, tentunya hal ini jauh lebih mudah jika anda memiliki mitra apabila anda tidak memiliki tanah dan modal yang cukup banyak.
  4. Berbisnis menanam sayuran – Permintaan sayur – mayur setiap hari memang tidak akan pernah berkurang, oleh sebab itu menanam sayur jauh lebih cepat untung dibandingkan dengan anda menanam tanaman yang musim panennya jangka menengah, kuncinya adalah dengan menanam sayur mayur dengan jadwal jika lahan anda terbatas, dengan melakukan hal ini maka anda setiap minggu akan terus panen secara bergiliran, hal inilah yang akan menguntungkan.

Apabila anda memang tidak punya lahan tetapi sudah terlanjur mengambil jurusan pertanian, jangan kecewa dulu anda bisa memanfaatkan menjadi tengkulak, disni mindset dagang anda harus cerdas, selain itu anda juga bisa menyewa lahan untuk ditanamai tanaman yang jangka panen pendek sehingga lebih cepat untuk BEP modal anda.

Sekian dari saya, semoga dapat membantu anda yang sedang  bingung mencari apa saja peluang kerja dan usaha dari jurusan pertanian, semoga dapat membantu anda.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih