Monday, November 10, 2014

Materi IPA Pesawat Sederhana

A. Tuas Dan Pengungkit
Jika kita ingin menggerakkan benda yang amat berat, cara yang paling mudah untuk menggerakkanya adalah dengan menggunakan sebatang besi yang kuat, besi ditumpu pada salah satu titik antara batu dan tangan, hal inilah yang disebut pengungkit. Pengungkit sendiri mempunyai banyak tipe dan sering sekali digunakan untuk berbagai bidang dan alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Dalam zaman sekarang banyak sekali alat – alat sederhana yang digunakan untuk mempermudah perkejaan manusia, seperti mobil , sepeda motor , pesawat terbarang dan lain sebagainya, bukannya dijelaskan secara rumit namun beberapa barang canggih tersebut merupakan turunan dari konsep pesawat sederhana, oleh sebab itu fungsi dari pesawat sederhana adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Materi IPA Pesawat Sederhana

Dengan adanya konsep pesawat sederhana kita dapat menggunakan gaya yang kecil untuk mengangkat atau memindahkan benda – benda yang berat, didalam pesawat sederhana banyak sekali jenisnya tetapi beberapa titik dalam pesawat sederhana meliputi:

  1. Lengan Kuasa
  2. Titik Tumpu
  3. Titik Beban

Ketiga titik tersebut dapat ditaruh acak sesuai dengan kebutuhan, pengacakkan titik tumpu , kuasa , dan beban dapat menjelaskan beberpa jenis dari pesawat sederhana atau pengungkit. Berikut adalah rumus pengungkit.

Rumus Pengungkit

Jenis – Jenis Pengungkit
Pengungkit Jenis Pertama
Pengungkit jenis pertama yaitu pengungkit dengan susunan titik tumpu berada diantara titik beban dan titik kuasa. Contoh yaitu jgunting, catut, dan tang.
Pengungkit Jenis Kedua
Pada pengungkit jenis kedua adalah pengungkit jenis ini susunan titik beban berada diantara titk tumpu dan titik kuasa. Contoh: gerbag dorong, pembuka kaleng, dan pelubang kertas.
Pengungkit Jenis Ketiga
Sedangkan pengungkit jenis ketiga adalah  pengungkit dengan susunan titik kuasa berada diantara tumpu dan titik beban.

B. Katrol
Katrol adalah pesawat sederhana berbentuk roda yang berputar melalui titik pusatnya. Katrol terdiri dari katrol tetap, katrol bergerak dan katrol ganda.
Katrol Tetap
Katrol tetap adalah adalah katrol yang tidak bergerak naik maupun turun melainkan hanya berputar pada porosnya saja. Konsep katrol tetapa adalah panjang lengan beban = penjang lengan kuasa. Berat beban = berat kuasanya, sehingga keuntungan mekanis pada katrol tetap sama dengan satu.
Katrol Bergerak
Katrol bergerak turut bergerak naik turun bersama – sama dengan gerak benda, pada konsep katrol bergerak, panjang lengan beban = ½ panjang lengan kuasa atau gaya. Sehingga keuntungan mekanis katrol bergerak adalah (Km) = 2.
Katrol Berganda
Pada sistem katrol berganda keuntungan mekanis pada katrol berganda dapat dirumuskan seperti berikut, Km = 2n ; dengan n adalah jumlah tali.

C. Bidang Miring
Bidang miring adalah pesawat sederhana yang berupa suatu permukaan datar yang dimiringkaan denga sengaja. Untuk mempermudah manusia menggerakkan benda yang berat.
Alat – Alat yang bekerja berdasarkan bidang miring adalah sebagai berikut:

  1. Mata kapak
  2. Pembuatan jalan – jalan di pegununggan
  3. angga yang menghubungkan ruangan – ruangan lantai bawah dengan lantai atas.

D. Roda Dan As
Pesawat sederhana yang terakhir adalah roda dan as, apabila anda memutar roda secara satu lingkaran penuh maka as akan berputar juga menggulung tali satu lingkaran juga, jari – jari as lebih kecil dibandingkan jari – jari roda, keuntungan mekanis dari roda dan as adalah seperti berikut ini.

Rumus Roda dan As

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih