Saturday, November 1, 2014

Materi IPA Alat Pernapasan Pada Hewan

Selain alat pernapasan pada manusia, hewan juga memiliki sistem pernapasannya sendiri, ada banyak alat pernapasan pada hewan yaitu seperti ingsan, paru – paru , trakhea , dan kulit. Perbedaan – perbedaan alat pernapasan pada hewan inilah yang merupakan keragaman hewani, namun dibalik itu semua, perbedaan alat pernapasan ini, tergantung dari habitat hidupnya, selain itu memang disebabkan oleh sistem tubuh yang ada di dalam hewan itu sendiri, berikut adalah beberpa alat pernapasan hewan,

Materi IPA Alat Pernapasan Pada Hewan

Alat Pernapasan Ikan
Ikan adalah hewan yang hidup di air, alat pernapasan ikan sendiri adalah insang, insang pada ikan terletak pada kanan dan kiri kepala, insang pada ikan berjumlah 4 pasang. Bagian dalam insang berbentuk lembaran, lembaran tersebut disebut lembaran insang, Pada lembaran insang inilah terjadi pertukaran udara, lalau bagaimanakah ikan memperoleh udara? Ikan meperoleh udara dari dalam air, dan pernapasan ikan melalui beberapa tahap, mula – mula ikan membuka mulutnya untuk mengambil air, air kemudian mengalir masuk ke rongga mulut menuju lembaran insang, Ketika air melewati insang inilah insang akan mengikat O2 dengan menggunakan Hb (Hemogoblin) darah, pada saat yang sama juga Hb melepaskan CO2.

Alat Pernapasan Burung
Burung bernapas dengan paru – paru, burung juga memilki alat pernapasan lain yang disebut sebagai pundi – pundi udara, pundi – pundi udara berguna untuk menyimpan udara yang telah di hirup oleh burung pada saat terbang, Cara bernapas burung adalah sebagai berikut:
Pertama udara masuk melalui hidung , kemudian menuju ke tenggorakkan , lalu pundi – pundi udara dan kemudian ke paru – paru. Fungsi pundi – pundi udara berfungsi sebagai berikut:

  1. Membantu pernapasan pada saat terbang
  2. Memperkeras suara (kicauan burung)
  3. Meringankan tubuh saat terbang
  4. Mencegah kedinginan
  5. Menjaga ke stabilan suhu badan
Alat Pernapasan Katak
Katak adalah hewan amfibi, dimana katak dapat hidup di dua alam, yaitu darat dan di air, katak sendiri memiliki tiga cara untuk menghisap oksigen dari udara, yaitu melalui paru – paru , melalui selaput kulit , dan melalui selaput mulut, tahap perkembangan katak sendiri adalah sebagai berikut:
Tahap awal adalah telur kemudian berudu lalu katak muda dan yang terakhir adalah katak dewasa.
Berudu menggunakan 3 pasang insang luar untuk bernafas, yang terdapat di kepala bagian belakang, stelah 9 hari berudu akan berbuah menjadi katak kecil , katak muda dan katak dewasa, katak dewasa sendiri bernafas dengan paru – paru.

Alat Pernapasan Serangga
Serangga menggunakan trakhea dan stigma (spirakel) untuk bernafas, stigma sendiri adalah lubang – lubang yang terletak di sepanjang sisi tubuh serangga, yang merupakan tempat untuk keluar masuknya udara kedalam tubuh serangga, Trakhea sendiri adalah pembulu – pembulu udara yang bercabang-cabang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga. Pembulu yang paling halus dari trakhea disebut trakheol, dan cairan pada tubuh serangga di sebut hemolimfa, Serangga sendiri berbeda dengan ikan, mereka tidak mempunyai hemogoblin, sehingga tidak bisa mengikat oksigen, sehingga fungsi hemolimfalah yang berfungsi untuk mengedarkan sari – sari ke seluruh tubuh.

Alat Pernapasan Cacing
Cacing termasuk hewan lunak, dan cara bernapas cacing adalah dengan menggunakan permukaan tubuhnya, cacing tanah memiliki kulit yang tipis, pada kulit cacing tersebut memiliki pembulu darah, kulit cacing juga menghasilkan lendir dimana O2 masuk ketubuh cacing melalui kulit tubuhnya yang basah dan berlendir, kulit yang basah itu berfungsi untuk mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida.

Alat Pernapasan Reptil
Reptil adalah hewan melata, contoh dari reptil adalah seperti cicak, kadal , buaya , ular, dan komodo, alat pernapasan reptil adalah paru – paru. Masuknya oksigen terjadi ketika rongga dada dan rongga perut membesar, setelah sampai di paru – paru oksigen di ikat oleh darah, kemudian dialirkan ke seleruh tubuh.

Alat Pernapasan Mamalia
Hewan mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya, mamalia sendiri ada yang hidup di darat dan di air, jika mamalia itu berada di darat maka alat pernapasannya mirip dengan manusia , yaitu : hidung , tenggorokkan , batang tengggorokkan dan paru – paru.
Mamalia yang hidup di air juga bernapas dengan paru – paru, namun di daerah hidungnya memiliki katup, contoh dari hewan mamalia air adalah : lumba – lumba , ikan paus dan duyung.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih