Friday, November 21, 2014

Materi Bahasa Indonesia Tentang Parafrasa

Pengertian Parafrasa
Penjelasan tentang apa itu parafrasa? Parafrasa merupakan sebuah karangan tulis ataupun lisan yang memiliki bentuk lain tetapi tidak merubah pengertian awal yang terkandung dalam karangan tersebut,  parafrasa memiliki contoh seperti wacana asli yang panjang di ringkas kembali kedalam wacana yang jauh lebih pendek tetapi tidak menghilangkan pengertian wacana aslinya, kemudian merubah bentuk puisi ke prosa dan merubah prosa menjadi suatu drama, dan juga sebaliknya.

Dalam mengerjakan karangan parafrasa dapat dilakukan dengan cara lisan, yaitu mendengarkan sebuah wacana ataupun tuturan lisan dari pemberi informasi kemudian kita ungkapkan atau jelaskan kembali dengan tutur lisan atau menulisnya kembali informasi yang kita dapat, hal tersebut merupakan proses mengerjakan parafrasa, jika orang tersebut sudah ahli dalam membuat parafrasa memang akan sangat mudah, namun bagi orang yang awam maka anda perlu menulisnya, tetapi perlu di ingat parafrasa merupakan bahasa anda sendiri bukan bahasa penulis asli.

Materi Bahasa Indonesia Tentang Parafrasa

Dalam kamus besar bahasa indonesia prafrasa terbagi menjadi dua jenis pengertian, yang dimana pengertian tersebut menjelaskan apa sebenarnya parafrasa itu dengan jelas, pengertian parafrasa adalah sebagai berikut:

  1. Pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macambahasa menjadi macam yang lain tanpa mengubah pengertiannya.
  2. Penguraian kembali sebuah teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.

Cara Membuat Parafrasa Dari Bacaan
Dalam membuat parafrasa ada beberapa hal yang anda harus lakukan, untuk membuat parafrasa dari sebuah bacaan maka simaklah beberapa hal yang anda harus lakukan berikut ini :

  1. Bacalah bacaan yang akan di parafrasakan dengan cermat dan teliti, sehingga anda mengerti alur dari bacaan tersebut.
  2. Baca sekali lagi bacaan dan berilah tanda pada kalimat – kalimat penting yang ada pada bacaan.
  3. Tulis kata yang sudah anda beri tanda secara urut, agar anda mudah memahami alur bacaan dan dapat dengan mudah meringkasnya.
  4. Lalu cobalah tulis kembali dengan bahasa anda sendiri, dengan mengembangkan kalimat – kalimat penting tadi yang sudah anda catat.
  5. Uraikanlah gagasan pokok yang ada menjadi sebuah paragraf yang lebih singkaat, tentunya dengan bahasa anda sendiri.

Cara Membuat Parafrasa Secara Lisan
Dalam membuat parafrasa secara lisan memang memerlukan kecakapan berbicara dan kehebatan dalam mengingat sebuah alur bacaan, untuk lebih jelasnya simaklah beberapa cara untuk membuat parafrasa secara lisan berikut ini:

  1. Bacalah bacaan atau informasi dengan cermat
  2. Pahamilah secara umum bacaan yang sedang anda baca dengan teliti.
  3. Tulislah inti pokok dari setiap paragraf dalam bacaan atau informasi yang sedang anda baca dengan kalimat sendiri.
  4. Catatlah secara urut kalimat pokok atau inti dalam bacaan.
  5. Kembangkanlah kalimat pokok dan kalimat inti sendiri sehingga dapat sesuai dengan tema atau topik dari bacaan atau informasi.
  6. Sampaikanlah secara lisan kalimat pokok yang sudah anda kembangkan menjadi bahasa anda sendiri tersebut secara urut dan sesuai dengan tema dari bacaan.

Memparafrasakan Puisi Menjadi Proasa
Puisi memang suatu karya tulis yang berbeda dengan karya tulis lain seperti prosa , naskah dan lain – lain, untuk memparafrasakan puisi menjadi prosa maka simaklah tahap yang harus anda lakukan sebagai berikut:

  1. Baca atau dengarkanlah puisi dengan cermat dan seksama.
  2. Pahami isi kandungan yang ada di dalam puisi tersebut.
  3. Temukan kata – kata kias yang ada dalam puisi kemudian carilah maknanya.
  4. Uraikan puisi menjadi sebuah prosa dengan menggunakan kalimat sendiri.
  5. Sampaikanlah secara lisan atau dibacakan oleh teman.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih