Thursday, October 9, 2014

Pengertian Kebudayaan Dan Seni

A. Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan menurut beberapa ahli salah satunya adalah Koentjoroningrat (1986), kebudayaan dibagi ke dalam tiga sistem, pertama sistem budaya yang lazim disebut adat-istiadat, kedua sistem sosial di mana merupakan suatu rangkaian tindakan yang berpola dari manusia. Ketiga, sistem teknologi sebagai modal peralatan manusia untuk menyambung keterbatasan jasmaniahnya.

Dari pengertian tersebut dapat kita ambil simpulan bahwa sesungguhnya kebudayaan atau kesenian itu terjadi akibat adanya sejarah zaman dahulu yang terus menerus dilakukan oleh masyarakat hingga sampai sekarang,

Kebudayaan dan Seni

Di negara tercinta ini Indonesia, kebudayaan sangat luar biasa banyaknya mulai dari prilaku, pakaian , bahkan rumah di indonesia tiap daerah itu berbeda-beda, ini disebabkan karena di indonesia kebudayaannya terjadi sendiri-sendiri di setiap daerah.

Alat Musik
Pada alat musik, keragaman kebudayaan indonesia dapat terlihat dan nampak jelas, betapa kayanya akan budaya negara ini, di setiap daerah pasti alat musiknya berbeda-beda.

Seni Tari
Seni tari yang melambangkan ekspresi masyarakat, tak hanya rumah adat dan alat musik yang berbeda disetiap daerah, seni tari juga. Yang dapat dijadikan sebagai sarana hiburan, spritual, dll. Dimana dalam semua daerah di indonesia memiliki seni tari yang berbeda-beda.

Kriya Ragam Hias
Di indonesia ragam hias sendiri memiliki detail yang berbeda-beda, contohnya batik, batik di indonesia memiliki motif yang berbeda-beda di setiap daerah, bahkan motif yang terhitung hampir 1000 lebih motif batik.

B. Adat Istiadat 
Adat istiadat merupakan salah satu hal yang mendasari dari kebudayaan itu sendiri, di indonesia adat istiadat masih dipegang teguh oleh banyak masyarakat di daerah tersebut, selain itu juga di tiap daerah adat istiadatnya pastilah berbeda dengan daerah lain, berikut adalah contoh dari adat istiadat yang ada di indonesia:

Suku Toraja
Suku toraja adalah suku yang terletak di pulau sulawesi, suku ini terkenal dengan rumah gadangnya, dimana rumah gadang bentuknya cukup besar, sampai – sampai dapat menampung banyak keluarga didalamnya. Selain itu suku toraja juga memiliki pemakaman yang unik, dimana apabila ada salah satu anggotanya meninggal, maka mereka akan melakukan upacara kematian lalu menaruh jenazah itu didalam sebuah kotak yang dihiasi dengan pahatan berbentuk hewan, kemudian menaruhnya pada rongga tebing.

Ngaben – Pulau Bali
Ngaben adalah acara upacara kematian yang ada dipulau bali, dimana jenazah anggota keluarga akan dibakar sampai menjadi abu, pemakaman semacam ini dilakukan oleh mereka yang ber agama hindu,

Suku Dayak
Suku dayak adalah suku yang berada di pulau kalimantan, sejak abad ke 17, suku dayak telah mengenal tradisi menindik telinga, bukan orang biasa yang menindik telinganya, melainkan seorang raja atau panglima peranglah yang berhak untuk melakukan penindikan.

C. Pengertian Seni
Konsep seni terus berkembang sejalan dengan berkembangnya kebudayaan dan kehidupan masyarakat yang dinamis.

Aristoteles mengemukakan bahwa, seni adalah kemampuan membuat
sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu, demikian juga dikemukakan oleh sastrawan Rusia terkemuka Leo Tolstoy mengatakan bahwa, seni merupakankegiatan sadar manusia dengan perantaraan (medium) tertentu untuk menyampaikan perasaan kepada orang lain.
Menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah indah, menurutnya seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia lainnya, selanjutnya dikatakan oleh

Akhdiat K. Mihardja; seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan
kenyataan dalam sesuatu karya, yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya.

Ungkapan seni menurut Erich Kahler; seni adalah suatu kegiatan manusia yang menjelajahi, menciptakan realitas itu dengan simbol atau kiasan tentang keutuhan “dunia kecil” yang mencerminkan “dunia besar”.

Klasifikasi Seni
Seni Rupa
  • Seni Murni
  • Seni Terapan ( Design, Kriya dll)
Seni Pertunjukkan
  • Seni Musik
  • Seni Teater
  • Seni Tari
  • Pantonim
  • Film Sinematographi
Seni Sastra
  • Prosa
  • Puisi

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih