Monday, October 6, 2014

Pengertian Ilmu Ekologi


PENGERTIAN EKOLOGI
Pengertian ekologi adalah intergritasi dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan juga makhluk tak hidup atau lingkungannya. Dalam ilmu ekologi ini merupakan campuran berbagai ilmu anatara lain yaitu : sosiologi, geografi , biologi , fisika , kimia dan lain – lain, yang dimana pada dasarnya merupakan hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup.

Dalam kajiannya ilmu ini bertujuan untuk membahas dengan cermat antara makhluk hidup bersama lingkungannya fokusnya adalah perpindahan energi dalam berbagai sistem dan dampaknya, manusia sebagai aktor penting dalam ekologi hendaknya memiliki hubungan harmonis antar makhluk hidup serta lingkungannya, karena bagaimanapun ilmu ekologi memberikan kita manfaat yang cukup berarti dan menjelaskan bahwasannya kehidupan ini saling membutuhkan satu sama lain.

Ilmu Ekologi

Ekologi juga disebut sebagai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, konsep ekologi ini pertama kali dikemukakan oleh ahli biologi yaitu Ernest Haeckel pada tahun 1960an.

Beberapa ahli yang menerangkan apa itu ekologi adalah sebagai berikut: 

  1. Odum (1971): Ekologi adalah kajian terstruktur dan fungsi alam, tentang struktur dan interaksi antara sesama organisme dengan lingkungannya.
  2. Odum (1975): Ekologi adalah kajian tentang rumah tangga bumi termasuk flora, fauna, mikroorganisme, dan manusia yang hidup bersama dan saling bergantung satu sama lain.
  3. Miller (1975): Ekologi adalah ilmu tentang hubungan timbal balik antara organisme dan sesamanya serta dengan lingkungan tempat tinggalnya.
  4. Otto Soemarwoto: Ekologi adalah ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Prinsip ekologi sendiri memiliki berbagai macam jenis dan perbedaan dimana, prinsip – prinsip tersebut dapat menjelaskan secara detail tentang bagaimana dan macam ekologi yang ada di alam.


Prinsip ekologi tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Ketergantungan antar makhluk (interdependence)
  2. Interaksi antar makhluk (interaction)
  3. Keanekaragaman makhluk  (diversity)
  4. Kemampuan
  5. Kebersamaan (Keharmonisan) 

Kemampuan, ketergantungan , kebersamaan, serta interaksi antar makhluk hidup serta dengan lingkungannya merupakan proses adanya suatu ekologi didalamnya, ketika proses itu rusak atau menghilang serta terganggu pastinya akan berdampak buruk terhadap alam, karena ekologi sebenarnya meruapakan ilmu yang menerangkan betapa besarnya ciptaan Tuhan ini yang patutnya kita jaga dengan baik. Seperti contah berikut yang menerangkan system ekologi.

Ada seorang pengembala kambing yang sedang bermain seruling dipagi hari, ia duduk manis dibawah pohon rindang serta dipinggir danau, sembari menjaga kambingnya ia berteduh dibawah pohon. Dalam hal ini konsep ekologi dapat kita ketahui langusung, yaitu: si pengembala bernafas menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida yang akan dihirup pohon disekitarnya guna untuk melakukan proses fotosintesis, dalam proses fotosintesis tersebut tumbuhan mengeluarkan oksigen yang akan di gunakan kembali untuk bernafas, selain itu tumbuhan juga membutuhkan air untuk proses fotosintesis, ia dapat mendapatkannya dari danau yang ada di dekatnya.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih