Friday, October 3, 2014

Materi IPS Penjelasan Konsep Ekonomi

Konsep Ekonomi
Selagi manusia mempunyai ke inginannya maka motif ekonomi akan selalu muncul dalam setiap kehidupannya, selain itu konsep ekonomi tak lepas dari yang namanya kebutuhan serta yang namanya barang dan jasa.
Untuk memenuhi kebutuhan hal tersebut bisa dibilang sebagai tindakan ekonomi, selain itu konsep ekonomi memiliki beberapa bagian antara lain : kegiatan ekonomi, sistem perekonomian, prinsip ekonomi , motif ekonomi, dan lain-lain. Kita tahu bahwasannya kodrat manusia dalam kebutuhan memang tidak pernah ada batasnya, mereka selalu merasa kurang dan kurang, hal tersebutlah yang menunjang terjadinya konsep ekonomi. Motif sendiri merupakan rasa atau sebab seseorang melakukan sesuatu.

Konsep ekonomi

Dasar dari prinsip ekonomi adalah memperoleh barang dengan harga atau mengorbankan sesuatu dengan serendah-rendahnya tetapi menjualnya dengan harga yang setinggi-tingginya, kasarannya adalah mencari untung. Yang kita pelajari adalah sebagai berikut ini :


A. Kegiatan Perekonomian
Kegiatan perekonomian dilakukan untuk memenuhi kebutuahan terutama kebutuhan primer manusia, kegiatan –kegiatan tersebut seperti meliputi 3 aspek penting yaitu :
  1. Produksi
  2. Distribusi
  3. Konsumsi
Produksi
Produksi adalah proses pembuatan suatu barang mentah atau belum jadi menjadi barang yang dapat digunakan atau barang jadi, selain itu produksi juga dapat digunakan untuk menambah nilai guna barang tersebut. Dalam proses produksi memiliki beberapa unsur atau bagian penting didalamnya adalah sebagai berikut:
  1. Sumber daya alam
  2. Tenaga kerja
  3. Modal
  4. Keahlian keusahaan
Dari empat faktor diatas memegang peranan penting dalam proses produksi, karena tanpa adanya beberapa unsur diatas proses produksi akan tidak berjalan dengan lancar.

Distribusi
Distribusi adalah proses pengiriman barang produksi yang sudah jadi menuju ke konsumen, proses ini memiliki peranan sebagai penyedia dan pemasaran, sehingga dapat saling menguntungkan produsen dengan konsumen. Distribusi sendiri memiliki beberapa jalur yaitu : darat , laut , dan udara. Terlihat dari tempatnya peranan distribusi ini memang sangat sentral bagi barang hasil produksi yang akan dipasarkan.

Konsumen
Konsumen adalah pengguna atau pengkonsumsi barang hasil proses produksi, seperti halnya kita ini, jika tidak dapat membuatnya sendiri tetapi untuk mendapatkanya harus mengorbankan sesuatu milik kita (misalkan uang) maka kita adalah termasuk konsumen.

B. Sistem Ekonomi
Dibeberapa belahan dunia sana, ada berbagai macam sistem ekonomi yang paling sering kita kenal adalah sistem ekonomi berikut ini: sistem perekonomian pasar bebas, sistem ekonomi campuran, sistem ekonomi perencanaan terpusat, sistem ekonomi kapitalis negara maju, dan sistem ekonomi sosialis pasar. Tetapi saya akan bahas tentang sistem ekonomi liberal saja.

Ciri Ekonomi Liberal
Sistem ekonomi pasar bebas atau ekonomi liberal memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Semua sumber produksi adalah milik masyarakat individu.
  2. Masyarakat diberi kebebasan dalam memiliki sumber-sumber produksi.
  3. Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi.
  4. Masyarakat terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan pemilik sumber daya produksi dan masyarakat pekerja (buruh).
  5. Timbul persaingan dalam masyarakat, terutama dalam mencari keuntungan.
  6. Kegiatan selalu mempertimbangkan keadaan pasar.
  7. Pasar merupakan dasar setiap tindakan ekonomi.
  8. Biasanya barang-barang produksi yang dihasilkan bermutu tinggi
Kelemahan dari sistem ekonomi liberal
Sedangkan kelemahan dari sistem ekonomi pasar bebas atau liberal bagi masyarakat dan negara, antara lain sebagai berikut.
  1. Terjadinya persaingan bebas yang tidak sehat.
  2. Masyarakat yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.
  3. Banyak terjadinya monopoli masyarakat.
  4. Banyak terjadinya gejolak dalam perekonomian karena kesalahan
  5. Alokasi sumber daya oleh individu.
  6. Pemerataan pendapatan sulit dilakukan, karena persaingan bebas tersebut.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih