Tuesday, July 15, 2014

5 Jenis – Jenis Gempa Bumi

5 Jenis – Jenis Gempa Bumi
  1. Gempa Tektonik – Gempa yang terjadi karena aktivitas tektonik, aktivitas tektonik ini merupakan jenis gempa yang disebabkan oleh bergeraknya lempeng bumi atau tektonik secara tiba-tiba sehingga dalam pergerakkan tersebut mengakibatkan gempa di permukaan bumi, gempa tektonik ini adalah gempa yang paling sering terjadi. Beberapa daerah yang paling rawan gempa tektonik adalah jepang dan indonesia bahkan di jepang hampir setiap hari terjadi, dulu gempa bumi tidak berbahaya dan merupakan fenomena alam namun sekarang  gemapa akan sangat berbahaya karena banyak bahan bangunan yang keras dan padat berdampak membahayakan jika terjadi gempa jika bahan tersebut menimpa orang.
  2. Gempa Vulkanik – Gempa vulkanik merupakan gempa yang terjadi diakibatkan karena adanya aktivitas vulkanik gunung berapi sehingga mengakibatkan bergeraknya permukaan bumi di sekitar gunung, gempa vulkanik ini sering terjadi ketika ada gunung berapi yang akan meletus dan biasanya gempa terjadi di iringi dengan keluarnya larva dari kawah.
5 Jenis – Jenis Gempa Bumi
  1. Gempa Tumbukan – Gempa ini terjadi akibat adanya benda yang saling bertumbukan sehingga menakibatkan gempa di permukaan bumi, seperti adanya benda luar angkasa yang jatuh ke bumi seperti meteor sehingga menyebabkan gempa di sekitar tempat tumbukan tersebut, dan gempa ini jika terjadi dalam sekala rendah akan tidak berdampak besar namun jika benda langit tersebut amat besar maka yang terjadi akan sama dengan penyebab kepunahan dinosaurus menurut para ahli.
  2. Gempa Runtuhan  - Gempa runtuhan adalah gempa yang terjadi di daerah goa dan pertambangan , bergeraknya rongga-rongga goa akan mengakibatkan bergetarnya permukaan bumi, hal ini akan sangat berbahaya terjadi bagi manusia jika masih berada di dalam goa tersebut karena tidak menutup kemungkinan dengan adanya gempa runtuhan maka goa tersebut akan runtuh dan tidak berbentuk.
  3. Gempa Buatan - Gempa buatan adalah gempa yang sengaja di buat guna keperluan sesuatu seperti contoh adalah pada bisnis pertambangan, gempa yang terjadi merupakan efek dari ledakan bom yang sengaja diledakkan.

Itulah 5 jenis – jenis gempa bumi kalau kita pelajari lebih dalam tentang gempa bumi silahkan baca artikel Materi IPA Gempa Bumi agar lebih jelas, Gempa bumi adalah peristiwa alam yang terjadi dengan kenampakan bergetarnya permukaan bumi. 

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih