Sunday, March 23, 2014

Pengertian Kapasitor Dan Definisi Kapasitor

Kapasitor
Kapasitor didefinisikan sebagai konstanta pembanding yang berlaku pada persamaan arus dalam dua plat konduktor paralel dengan pemisah isolator. Kapasitor berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik sementara, kemampuan penyimpanan muatan listrik disebut dengan kapasitnsi kapasitor, dengan simbol C. Satuan kapasitansi adalah farad, dengan simbol F. Satu farad didefinisikan sebagai jumlah muatan listrik yang dapat disimpan (dalam satu coulomb) persatu volt tegangan.
Kapasitansi Kapasitor
Simbol Kapasitor
Namun untuk satuan farad masih terlalu besar, sehingga di pakailah satuan–satuan yang lebih kecil, seperti mikro farad ( μF ), nano farad ( nF ), dan piko farad ( pF ). Nilai konversi satuan ini adalah 1F = 1.000.000 μF, 1μF = 1000 nF, dan 1nF = 1000 pF.
Kapasitor

Apabila kapasitor dipasang seri maka nilai dari kapasitor dapat dimasukkan dalam persamaan :
Kapasitor Seri

Dimana
Ct = kapasitor total
Vs = tegangan sumber

Dan apabila di pasang paralel maka nilai kapasitor dapat di masukkan dalam persamaan :
Ct = C1+C2+...+Cn
Kapasitor Paralel

Kapasitor juga dibedakan menjadi dua, yaitu kapasitor tetap dan kapasitor tidak tetap. Kapasitor tetap adalah kapasitor yang nilai kapasitasnya tidak berubah-ubah, seperti kapasitor film, kapasitor poliester, kapasitor mika, kapasitor keramik, dan lain-lain. Sedangkan yang dimaksud kapasitor tidak tetap adalah kapasitor yang nilai tahanannya dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, seperti VARCO (variable condensator), kapasitor trimmer, dan sebagainya.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih