Sunday, January 19, 2014

Pengertian Fungsi Dan Perkembangan Pers Di Indonesia


A. Pengertian Pers
Pers berasal dari kata dalam bahasa belanda dan dalam bahasa inggris berarrti press, hal tersebut atau kata tersebut muncul dikarenakan dalam waktu zaman dahulu dalam pembuatan koran baik itu selembaran majalah dan lain-lain menggunakan teknik cap dan memerlukan press untuk melakukannya maka dari itu orang yang identik dengan membuat koran pada zaman dahulu disebut pers.

Pengertian Fungsi Dan Perkembangan Pers Di Indonesia
Secara pengertian yang sebenarnya pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang menjalankan  kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki , menyimpan , mengola dan menyampaikan informasi ke halayak orang banyak dalam bentuk tulisan , gambar, suara dan lain-lain. Dalam penyajianya secara luas pers dapat menyajikan informasi melalui koran, majalah, televisi, siaran radio, dan masih banyak lagi yang lainnya.

B. Fungsi Pers
Fungsi dari pers diindonsesia sudah dicantumkan pada UU No. 40 Tahun 1999 yang mencangkup tentang pers dan fungsi-fungsinya, meliputi berikut ini:
1. Pers Sebagai Media Informasi
2. Pers Sebagai Media Pendidikan
3. Pers Sebagai Media Hiburan
4. Pers Sebagai Kontrol Sosial
5. Pers Sebagai Lembaga Ekonomi

C. Perkembangan Pers Di Indonesia
Sejarah perkembangan pers di indonesia tidak terlepas dari sejarah politik indonesia, karena pada masa pergerakkan dan masa kemerdekaan peranan pers sangat terlihat nyata, dalam masa kolonial belanda bentuk penyampaian informasi dibagi menjadi 3 jenis yaitu:
1. Pers Kolonial
Yaitu surat kabar yang berbahasa belanda yanga ada di indonesia yang ditujukan kepada para anggota kolonial yang menetap di indonesia
2. Pers China
Pers yang dikhususkan terhadap bangsa tionghoa atau cina yang ada diindonesia.
3. Pers Nasional

Pers yang khusus memberikan informasi tentang nasional dan tokoh-tokoh pergerkkan nasional indonesia
Pada masa penjajahan jepang pun hampir sama namun pers nasional yang sangat digemari dan dicari oleh beberapa pemuda sehingga dapat mewujudkan bersatunya seluruh bangsa indonesia.
Dari sebab itu pernanan pers sangat besar sekali terhadap merdeka dan terwujudnya NKRI pada sekarang ini, dan alangkah baiknya jika peranan pers dapat dimanfaatkan dengan baik bukan untuk sebagai penyebar opini dan bukan fakta sehingga masyarakat dapat menjadi masyarakat yang cerdas khususnya indonesia.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih