Friday, December 6, 2013

Tips Membuat Power Point Yang Baik Dan Menarik


Tips Membuat Power Point Yang Baik Dan Menarik
Dalam mengerjakan power point pernahkah anda ingin power point anda terlihat baik dan menarik? Beberapa orang memang perlu melakukan hal tersebut disamping untuk menambah nilai tugas dari guru ada juga bermaksud untuk menarik perhatian para audience yang melihat presentasi kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan power point agar terlihat baik dan menarik.

Tips Membuat Power Point Yang Baik Dan Menarik

Dalam pembuatanya power point sendiri seperti sebuah seni dimana seorang creator harus memberikan inspirasi didalam power point tersebut agar terlihat menarik sekaligus baik dan enak dipandang, beberapa hal yang perlu anda perhatikan akan saya share pada artikel kali ini, langkah pembuatan power point yang baik dan menarik adalah sebagai berikut:

  1. Desain template, desain template power point yang baik dan menarik akan membuat audience merasa tertarik untuk melihat dan mendengarkan presentasi kita, untuk membuat desain power point anda dapat membuatnya sendiri jika anda bisa membuatnya atau mendownloadnya di internet, di internet terdapat banyak sekali template power point yang menarik dan baik tentunya.
  2. Penggunaan baris kata pada setiap slide sangat mempengaruhi kualitas dari power point anda, oleh karena itu usahakan dalam penampilan tiap slide anda menuliskan inti-intinya saja dan tidak terlalu banyak menampilakan baris kata, karena bagaimanapun sebuah power point akan terlihat sempurna saat berpresentasi adalah ketika anda dapat menjelaskan sendiri dengan kata-kata anda pada setiap kata yang ada dalam slide.
  3. Ukuran huruf yang benar, ukuran huruf yang tepat disetiap slidenya akan membuat power point kita terlihat baik dan menarik oleh sebab itu ada beberapa kriteria dalam penggunaan ukuran huruf yaitu, pada kop judul slide  gunakan ukuran huruf 20 -28 cm dan ukuran huruf pada isi slide antara 16 – 20 cm.
  4. Kekontrasan antara huruf dengan background harus jelas karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas power point anda dan jika kekontrasan background dan huruf kurang baik akan mengganggu audience saat membaca tiap slidenya.
  5. Tampilkan sesekali gambar karena  jika anda terlalu monoton  untuk menampilakn teks maka audience akan mudah bosan dengan menampilkan gambar anda harus menerangkan informasi terhadap gambar tersebut.
  6. Gunakan minimalis animasi dan efek-efek tertentu yang akan membuat presentasi anda menjadi lelet dalam penampilannya, oleh karena itu tampilkan animasi dan efek suara jika diperlukan.

Dalam membuat power point memang ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam setiap slidenya oleh karena itu semoga tips pembuatan power point yang baik dan meanrik ini dapat bermanfaat bagi anda, selain unsur tampilan menurut pengalaman saya ada beberapa hal aspek intern dari si pembuat power point yaitu tingkat kekereatifan mereka dalam mengelola setiap fitur – fitur yang ada pada softwere power point pernah saya lihat teman saya begitu mahir dalam pembuatan power point dimana dia dapat membuat sebuah bentuk panah ataupun persegi yang banyak bisa menjadi sebuah animasi pembuka yang sangat bagus saya terkesan dengan power point yang ditampilkan teman saya tersebut, pada saat itu saya sadar selain aspek eksternal power point ada aspek intern dari sipembuat power point oleh sebab itu semakin anda berlatih untuk membuat power point yang baik dan menarik pastilah anda akan semakin jago dalam pembuatan power point yang mampu membuat audience mersa waaahhh..

2 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih