Sunday, December 1, 2013

Materi IPS Globalisasi

Materi IPS Globalisasi
Pada zaman sekarang ini banyak orang yang berkata bahwa ini adalah era globalisasi, dan dengan itu apakah maksud dan pengertian dari globalisasi sebenarnya? Globalisasi jika di artikan dari tiap katanya Global dan Sasi . Global berarti dunia dan Sasi adalah proses, jadi pengertian globalisasi adalah suatu era atau proses dimana semua hal baik teknologi, perdagangan dan lain-lain yang mencangkup aktivitas yang dilakukan secara mendunia tanpa ada batasan wilayah.

Materi IPS Globalisasi
Dengan terjadinya proses globalisasi membuat individu atau kelompok dapat mempengaruhi dunia, selain itu globalisasi juga dapat membuat semua aktifitas kita semakin mudah dan cepat dan jauh berbeda dengan jaman dahulu, seperti contoh zaman dahulu kita memerlukan waktu berbulan-bulan untuk saling bertukar informasi dengan cara mengirim surat tetapi pada zaman globalisasi sekarnag kita hanya memerlukan beberapa detik untuk saling bertukar informasi melalui HP ataupun medai internet.

Berikut adalah beberapa pendapat tentang globalisasi oleh beberapa ahli:

  • Thomas L. Friedman : Globalisasi memiliki dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi adalah tekhnologi informasi yang telah menyatukan dunia .
  • Malcom Waters : Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang .
  • Emanuel Ritcher : Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  • Achmad Suparman : Globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah.
  • Martin Albrown : Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

Tahapan Proses Globalisasi

  1. Individu : Individu dapat membuat suatu awal dari globalisasi dengan cara menemukan sebuah alat untuk bertukar informasi dengan capat, selain itu individu juga dapat berperan dalam globalisasi dari hal lainnya selain teknologi.
  2. Kelompok : Kegiatan kelompok juga dapat membuat tahapan proses globalisasi.
  3. Masyarakat : Dari individu dan kelompok kegiatan yang mempengaruhi proses globalisasi akan tersebar ke masyarakat.
  4. Mendunia : Ketika sudah memasyarakat yang terjadi adalah kegiatan tersebut akan mendunia karena adanya kecepatan saling bertukar informasi.

Sebab – Sebab Terjadinya Globalisasi
1. Berkembangnya Teknologi
Tidak didapat dipungkiri lagi kalau teknologi sangat berpengaruh terhadap terjadinya proses era globalisasi , karena pada zaman dahulu manusia masih tidak punya sarana dan alat untuk melakukan hal bertukar informasi dengan cepat yang hanya dalam hitungan persekian detik saja, dan sekarang majunya teknologi terjadilah proses globalisasi.
2. Pemikiran
Banyak ilmuan yang melakukan riset-riset bagaimana membuat alat yang memudahkan aktivitas manusia dan hal itu juga dapat mempengaruhi proses globalisasi nantinya.
3. Telekomunikasi
Sama dengan nomer 1 dan 2 telekomunikasi yang berkembang adalah faktor terpenting dari terjadinya proses globalisasi pada zaman sekarang.
4. Perkembangan HAM
Semakin bebasnya individu untuk memperoleh informasi secara mendunia dan tidak terbatas dapat membuat era globalisasi semakin dan akan terus ada, karena selain itu individu dapat meng ekspresikan diri yang di sebarkan ke seluruh dunia dengan media sosial dan hal itu akan membuat individu lain ingin meniru ekspresi tersebut, hal itu dapat disebut era globalisasi.
5. Informasi Baru
Informasi yang selalu update dan akan terus selalu ada akan menunjang dan menambah dari proses globalisasi.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih