Thursday, December 12, 2013

Materi IPA Siklus Fosfor



Materi IPA Siklus Fosfor
Siklus biogekimia yang lainnya adalah siklus fosfor atau daur fosfor , fosfor sendiri sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup karena fosfor merupakan fosfat yang merupakan bahan komponen DNA yang bermanfaat untuk membentuk semua membran sel. Ada beberapa hal yang dapat diamati dari daur fosfor yakni daur fosfor tidak melalui atmospher melainkan fosfor dibentuk melalui pelapukan batuan yang merupkan fiksasi mineral.

Daur fosfor atau siklus fosfor adalah suatu proses melingkar tanpa henti pembuatan fosfor yang berupa bahan abiotik sampai dengan dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya, dalam siklus fosfor ini tidak serumit dengan materi siklus karbon , nitrogen dan lain sebaginya karena seusai yang saya jelaskan tadi tidak melalui atmosphere namun fosfor didapat dari pelapukan batuan yang merupakan fiksasi, di alam sendiri fosfor berbentuk ion fosfat yang dapat ditemukan pada batuan-batuan yang akan melapuk dibwah oleh air hujan menuju sungai sampai menuju lautan kemudian membentuk sedimen di permukaan bumi atau didasar laut kemudian akan muncul kepermukan lagi sedimen tersebut karena pergerakan lempeng bumi.

Materi IPA Siklus Fosfor

Selain ion fosfat yang menuju ke sungai ada beberapa yang terserap kedalam tanah yang akan di manfaatkan oleh tumbuhan fosfat tersebut dengan menggunakan akar tumbuhan, fosfat tersebut akan berada pada tumbuhan, bagaimana hewan mendaptkan fosfor? Pada hewan herbivora yang memakan tumbuhan hewan herbivora tersebut akan mendaptkan fosfor dari memakan tumbuhan yang mengandung fosfat tadi sehingga akan terjadilah proses perpindahan energi, hewan herbivora tersebut akan dimakan karnivora, dan manusia sendiri mendaptkan fosfor dengan memakan hewan maupun tumbuhan atau sayuran.

Didunia ini sumber fosfor adalah batuan, tanah , bahan organik , tanaman adapun sekema dari daur fosfor adalah sebagi berikut ini.
Materi IPA Siklus Fosfor
Didalam gambar dibedakan beberapa senyawa fofsfor yakni, senyawa fosfor organik yang didapt dari tumbuhan dan hewan dan senyawa fosfor anorganik yang didapat dari air dan tanah, bagaimana senywa fosfor organik diperoleh? Dekomposer sebagai pengurai akan menguraikan fosfat organik yang terdapat pada tumbuhan dan hewan mati diuraikanlah fosfat organik oleh dekomposer , selain itu fosfat dapat ditemukan paling banyak adalah pada fosil dan batu karang karena merupakan bentuk dari sedimen fosfor yang ada pada laut maupun tanah.

Manfaat Fosfor Bagi Kesehatan
1.Pembentukan Tulang
Kandungan tulang selain kalsium adalah fosfor oleh sebab itu manfaat fosfor organik adalah untuk kesehatan tulang.
2.Proses Ekskresi
Selain untuk tulang fosfor juga berperan penting terhadap kesehatan ginjal dalam proses ekskresi manusia, karena fosfor akan menjaga ginjal tetap normal.
3.Fungsi Otak
Karena, fosfor merupakan elemen penting ditemukan di sekitar dalam sel-sel otak, ia bertanggung jawab untuk berbagai fungsi penting. Kadar fosfor yang cukup dari fosfor membantu menjaga fungsi otak yang Sehat.
4.Pembentukan Protein: Fosfor adalah cradle untuk pembentukan cukup protein, yang selanjutnya membantu dalam proses reproduksi. Hal ini juga memfasilitasi pemanfaatan maksimal protein dalam tubuh manusia untuk memastikan pertumbuhan yang tepat dari sel, bersama dengan perbaikan mereka dari waktu ke waktu. Dengan cara yang sama, itu juga membantu untuk memanfaatkan karbohidrat serta lemak.
5.Hormon Balance: Kesehatan manfaat fosfor juga dapat dianggap sebagai penting untuk mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh manusia. Ini memastikan bahwa hormon, terutama yang diperlukan untuk kesehatan reproduksi yang baik, selalu hadir dalam bentuk yang seimbang.
6.Ekstraksi Energi: Fosfor sangat penting membantu proses ekstraksi energi dengan merangsang proses metabolisme nutrisi yang berbeda. Lebih dari itu, membantu dalam aliran energi dan penggunaan secara efisien oleh bagian-bagian tubuh yang berbeda.
7.Perbaikan sel: Fosfor juga berkontribusi dalam perbaikan dan pemeliharaan berbagai sel-sel tubuh, yang rentan terhadap keausan. Ini memastikan bahwa sel-sel tubuh yang dikembangkan dengan baik dan tetap aktif untuk kondisi kesehatan yang mengagumkan.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih