Wednesday, November 20, 2013

Manfaat Isolator Dan Konduktor Panas


Manfaat Isolator Dan Konduktor Panas
Manusia sebagai makhluk yang paling cerdas dibumi memiliki berbagai pemikiran yang sangat luar biasa terutama dalam bidang ilmu pengetahuan, seperti halnya pembuatan suatu barang atau alat yang dibuat oleh manusia dengan memperhatikan berbagai  sifat-sifat yang dimiliki bahan tersebut karena dengan sifat bahan tersebut  dapat memanfaatkan bahan sesuai dengan kebutuhan, khususunya benda isolator dan konduktor jika anda masih kurang mengerti apa itu benda isolator dan konduktor panas silahkan baca artikel IPA Isolator Dan Konduktor Panas semoga artikel tersebut dapat memperjelas anda apa itu benda isolator dan konduktor.
Pemanfaatan konduktor sendiri sangat beragam oleh manusia sehingga benda yang manusia buat akan bekerja dengan fungsinya masing-masing yaitu untuk menghantarkan listrik atau panas, sedangkan manfaat isolator sendiri sangat beragam juga bagi manusia karena pemanfaatan isolator juga dibuat sesuai dengan fungsinya yaitu menghambat arus listik dan panas.

Manfaat Isolator Dan Konduktor Panas
Manfaat Isolator
Manfaat isolator adalah untuk menghambat listrik atau panas karena sifat isolator adalah tidak dapat menghantarkan listrik atau kalor, benda-benda isolator sendiri adalah benda non logam seperti kayu,kain,kertas,plastik dan lain sebagainya dimana isolator ditempatkan untuk menghambat panas atau listrik. Pernahkah kamu mengamati kabel? Dalam sebuah kabal terdapat sebuah manfaat dari isolator yaitu pembungkus kabel yang dibuat dari plastik atau karet yang bertujuan untuk agar kabel dapat mengalirkan listrik dan bagian luar dapat leluasa kita pegang karena dilindungi benda isolator yaitu karet, prinsip pada pembungkusan kabel tersebut adalah pemanfaatan isolator, manfaat isolator sendiri sangat banyak didalam benda yang kita gunakan setiap hari , seperti gagang penggorengan yang diberi plastik agar penggorengan tidak panas saat kita memegangnya, dan pemberian gagang plasti didalam sebuah setrika bertujuan agar kita tidak terkena panas saat memagng setrika tersebut, pemnfaatan isolator sendiri sangat banyak sekali amati benda-benda disekitarmu apakah benada-benda tersebut mempunyai prinsip pemanfaatan isolator panas atau listrik.

Manfaat Konduktor
Pemanfaatan konduktor panas sangat banyak sekali didalam benda-benda yang diciptakan oleh manusia, konduktor merupakan sifat benda yang dapat menghantarkan panas atau listrik, benda konduktor sendiri khususnya adalah benda logam seperti besi,almunium,tembaga, dan lain sebaginya yang diamana benda tersebut sangat bermnafaat fungsinya bagi manusia,  pemanfaatan konduktor sendiri antara lain, pernahakah kamu mengamati wajan? Mengapa bahan pembautan wajan adalah almunium? Logam almunium dimanfaatkan oleh manusia selain kodnuktor adalah memiliki berbagai kelebihan sifat dibanding logam yang lainnya yaitu almunium lebih ringan dibanding logam-logam yang lainnya oleh karena itu wajan, dan alat penggorengan lainnya menggunakan logam almunium bertujuan agar apabila penggorengan-penggorengan tersebut dibawah tidak terlalu berat, dan coba kamu bayangkan jika wajan menggunakan bahan dasar tembaga? Pastilah wajan tersebut sangat berat walupun fungsinya sama saja dan dapat digunakan sebagai alat memasak, contoh lain dalam Manfaat konduktor adalah pembuatan isi kabel yang dibuat dengan bahan tembaga, mengapa dalam kabel listrik memanfaatkan tembaga, bukan logam lainnya seperti almunium dan lain sebagainya? Pemanfaatan tembaga dalam kabel bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kecepatan rambatan listrik dari kutub postif ke kutub negatif, apakah logam lain selain tembaga dapat mengahantarkan listrik? Jawabanya adalah iya, logam lain selain tembaga juga dapat menghantarkan listrik walaupun begitu para ilmuan sudah memahami dan meneliti sifat-sifat logam tersebut sehingga dipilihlah tembaga sebagai bahan kabel, karena tembaga memiliki kecepatan dan penghantaran kalor yang paling cepat dibanding logam lainnya oleh karena itu kabel dibuat dari tembaga. 

1 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih