Wednesday, November 6, 2013

IPA Sistem Pernapasan Manusia

Sistem Pernapasan Manusia
A. Pengertian
Pernafasan adalah salah satu sistem bernafas yang dimiliki makhluk hidup sedangkan bernfas sendiri adalah proses menyerap atau menghirup oksigen kemudian mengeluarkannya dalam bentuk karbondioksida ke udara, yang termasuk dalam proses respirasi makhlukhidup, dalam pernafasan manusia banyak organ yang berperan penting dalam proses pernapasan manusia seperti mulut, hidung , paru-paru dan lain sebagainya, pernafasan sendiri dimiliki oleh makhluk hidup guna menyupali oksigen ke seluruh tubuhnya.

B. Organ Penyusun Sistem Pernafasan
Organ-organ yang berperan penting untuk sistem pernapasan saling berhubungan sama lain, dan organ-organ tersebut adalah sebagai berikut:
1. Hidung
Hidung adalah salah satu organ yang berperan dalam proses pernapasan manusia, dimana udara atau oksigen yang ada diudara akan dihirup oleh hidung menuju ke laring dan organ-organ lainnya sebelum menuju ke paru-paru. Hidung sendiri memiliki bulu-bulu halus yang gunanya untuk menyaring kotoran yang ada diudara agar udara yang masuk ke dalam tubuh bersih dan tidak ada kotoran.
2. Faring
Faring adalah organ yang terletak dibelakang mulut yang dilewati udara,minuman dan makanan yang kita makan dan minum.
3. Laring
Laring merupakan tempat suara dimana laring berfungsi sebagai organ yang memproduksi suara manusia.
4. Trakhea (tenggorokan)


IPA Sistem Pernapasan Manusia

Trakhea adalah tenggorokan dimana udara pasti akan melewati tenggorokan sebelum menuju ke paru-paru, bentuk tenggorokan sendiri berbenruk seperti pipa yang memiliki ruas-ruas seperti cincin yang ditumpuk, sebelum ke paru-paru udara dari tenggorokan akan menuju ke bronkus.
5. Bronkus
Bronkus sendiri adalah organ yang membawa udara dari tenggorakan menuju ke paru-paru.
6. Paru – paru
Paru-paru adalah organ pengola udara yang kita hirup dimana didalam paru-paru terdapat cabang lagi yaitu bronkioli bronkioli sendiri adalah cabang dari bronkus yang ukurannya sangat kecil dibanding bronkus, didalam paru-paru sendiri memiliki kantung udara yang diberi nama Alveoli , alveoli sendiri memiliki dinding-dinding  yang tipis dan menopang jaringan-jaringan kapiler,kapiler merupakan saluran halus yang berisi darah.

C. Jenis Bernapas
Dalam proses bernapas ada dua jenis yaitu, pernapasan dada dan pernapasan perut yang membedakan hanya kerja dari organ yang ada disekitar dada taupun perut.
1. Pernapasan Dada
Pernpasana dada adalah pernapasan yang terjadi dengan melibatkan otot-otot  tulang rusuk, otot tulang rusk luar berperan untuk mengangkat tulang rusuk dan sedangkan otot tulang rusuk dalam berperan untuk menurunkan tulang rusuk ke posisi semula atau awal. Mekanismenya dibedakan menjadi berikut:
a) Fase Inspirasi
Fase ini adalah fase berupa berkonstruksinya otot tulang rusuk sehingga rongga dada melonggar atau memperbesar tekanan dalam dada lebih kecil dibandingkan diluar sehingga dengan itu udara akan masuk, fase inspirasi ini disebut juga menghirup udara.
b) Fase Ekspirasi
Fase ini adalah lawan dari fase inspirasi, fase ekpirasi adalah proses relaksasi atau kembalinya ukuran rongga dada seperti semula sehingga fase ini disebut proses pengeluaran udara.
2. Pernapasan Perut
Pernpasana perut terjadi karena berkontruksinya otot diafragma yang membatasi rongga perut dengan rongga dada, mekanisme adalah sebagai berikut:
a) Fase Inspirasi
Fase inspirasi ini adalah otot diafragma mendatar sehingga rongga dada membesar sehingga tekanan didalam kecil sehingga udara dapat masuk.
b) Fase Ekspirasi
Fase ekspirasi merupakan fase berelaksasinya otot diafragma (kembali ke posisi semula, mengembang) sehingga rongga dadamengecil dan tekanan menjadi lebih besar. Akibatnya, udara keluar dari paru-paru.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih