Monday, November 4, 2013

IPA Perubahan Pada Benda

Perubahan Pada Benda
A. Pengertian
Setiap benda atau zat akan mengalami yang namanya perubahan, perubahan benda yang terjadi dapat berupa pembusukan,pelapukan dan perkaratan. Pernahkah kamu mengamati pagar besi yang ada dirumahmu? Jika pernah perhatikanlah ada bagian besi tersebut yang mencoklat dan kropos, besi tersebut bisa dibilang berkarat karena terkena hujan dan panas.
B. Pembusukan
Pembusukkan terjadi pada benda atau zat yang memiliki kadar carbon (c) seperti bahan-bahan organik, karena bahan organik mudah sekali diuraikan oleh mikroorganisme sehingga dapat mengalami pembusukan, pembusukan terjadi karena adanya mikroorganisme yang terdapat pada benda atau zat tersebut, pembusukan juga dapat dipercepat karena adanya kadar air yang tinggi dalam benda atau zat.

Cara Mencegah Pembusukan
Cara mencegah pembusukan yang dilakukan manusia sangat beranekaragam dan sangat menguntungkan bagi manusia agar bahan makanannya awet karena pembusukan dapat merugikan manusia dan caranya adalah sebagai berikut:
a) Pengeringan
Pengeringan adalah salah satu cara agar mencegah proses pembusukan, biasanya pengeringan ini dilakukan pada ikan asin agar dapat bertahan lama.
b) Penggaraman
Garam juga dapat membuat makanan lebih awet dan tahan lama, penggaramn juga harus dilakukan dengan cara pengeringan seperti halnya ikan asin yang diberi garam dan dikeringkan agar awet. Penggaraman adalah salah satu cara alami untuk mengawetkan makanan.
c) Disimpan dilemari es
Semakin majunya teknologi membuat makanan kini dapat awet dengan mudahnya seperti penyimpanan makanan pada suhu minus atau dingin dapat bermanfaat agar makanan tersebut awet dan tahan lama. Konsep lemari es sedniri meniru suku es kimo yang mengawetkan makannya diruangan dingin, suhu dingin yang didapat suku eskimo didapat dari alam langsung karena letaknya di kutub dimana topografinya bersalju dan es.

IPA Perubahan Pada Benda

d) Pemberian bahan pengawet
Bahan pengawet dapat berupa bahan pengawet alami dan buatan, namun yang paling baik adalah dengan menggunakan bahan pengawet alami agar sehat untuk dikonsumsi karen tidak mengandung bahan kimia.
e) Disimapan di pembungkus kedap udara
Kedap udara berfungsi agar makanan tidak dapat terserang oleh bakteri yang dapat melakuakan proses pembusukan.

C. Pelapukan
Pelapukan terjadi pada benda yang keras seperti kayu dan batu selain itu bangunan juga dapat mengalami pelapukan. Adapaun penyebab dari pelapukan adalah
  1. Angin
  2. Hujan
  3. Panas
Jika sepanjang waktu suatu benda yang keras di aliri air maka benda tersebut akan lapuk karena air tersebut, pelapukan yang berbentuk indah adalah stalakmit dan stalaktit pada goa yang terjadi karena air.

D. Perkaratan
Perkaaratan terjadi pada benda logam khususnya besi yang sering sekalai mengalami perkaratan, perkaratan sendiri sangat merugikan sekali bagi manusia adapun cara-cara manusia untuk menghindari perkaratan adalah sebagai berikut:
1. Di Lapisi Cat
Besi yang dilapisi cat akan menghambat proses perkaratannya karena besi tersebut terlindung oleh lapisan cat, penyebab perkaratan sendiri adalah air dan pans matahari oleh karena itu cat digunakan untuk melindungi besi dari air dan panas matahri secara langsung.
2. Menggunakan bahan pengganti
Bahan pengganti ini maksudnya adalah selain besi yang dimana benda pengganti ini sangat sulit berkarat alias anti karat, biasanya orang-orang mengganti besi dengan almunium atau almini, dimana logam tersebut tidak dapat berkarat tidak berat dan mudah dibentuk.
3. Dilapisi oleh bahan yang mengkilat
Bahan yang mengkilat adalah seperti jenis nikel atau logam lainnya yang dimana logam tersebut tidak dapat berkarat dan melapisi besi dengan baik untuk menghindari perkaratan.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih