Friday, October 4, 2013

Menentukan Langsung Kerja Atau Langsung Kuliah


Pilih Langsung Kerja Atau Kuliah – Banyak dari kita merasa bimbang dengan pertanyaan tersebut atau tidak bisa menentukkan pilihannya karena takut akan salah untuk memilih jalan langsung kerja atau kuliah. Oke kali ini Pusat Sekolah akan memberikan gambaran bagaimana anda jika langsung kerja dan langsung kuliah yang semoga saja dapat membantu kebimbangan yang anda alami saat ini.

Pertama-tama jika anda memilih langsung kuliah, pilihan ini harus di dasari beberapa faktor – faktor yang menunjang anda untuk langsung kuliah setelah lulus SMK atau SMA nanti. Faktor- faktornya adalah sebagai berikut :

  1. Anda adalah siswa berprestasi : Bagi seorang siswa yang berprestasi untuk terjun ke dunia kerja secara langsung setelah lulus SMK atau SMA sangatlah kurang pas , karena bagi seorang yang memiliki prestasi baiknya adalah melanjutkan kuliah dulu meneruskan prestasi-prestasi yang telah diraih agar dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik nantinya. Mengapa orang yang biasa saja jangn langsung kuliah? Orang yang biasa saja alias yang tidak terlalu menonjol di sekolah jika langsung kuliah dan lulus, tidak banyak perusahaan atau tempat kerja yang akan segera menampung, sebabnya adalah karena nilai kuliahnya rata-rata, tetapi jika dia adalah anak yang berprestasi sebelum lulus kuliahpun nantinya banyak perusahaan yang akan menawarinya untuk kerja di tempatnya.
  2. Orang tua anda memiliki dana  yang cukup: Kuliah tak lepas dari faktor biyaya yang cukup besar, oleh karena itu jika anda langsung kuliah kebanyakan biyaya kuliah anda orang tua yang akan menanggungnya, jadi jika anda anak yang biasa-biasa saja dan tak terlalu menonjol di sekolah dan berniat langsung kuliah tetapi orang tua anda punya dana yang cukup ,lebih baik langsung teruskan saja niat anda karena jika nantinya anda sulit untuk mendapat kerja anda bisa membuka usaha sendiri dari modal orang tua anda. 
Langsung Kerja Atau Langsung Kuliah

Memilih jalan langsung kuliah hendaknya dipertimbangkan dahulu sebelum anda menjadi sarjana pengangguran atau akan menjadi sarjana yang sukses, tetapi semua itu adalah takdir tuhan dan jangan sekali-kali lupa untuk terus berdo’a kepada tuhan.

Kedua jika anda memilih Bekerja, langsung berkerja bukanlah jalan yang paling benar jika anda tidak mengimbangi dengan kuliah karena dunia industri yang semakin menuntut profesionalisme pekerjanya juga dapat mempengaruhi anda menjadi seorang pengangguran karena ijazah SMK atau SMA tidak akan berlaku di dunia industri mungkin akan terjadi beberapa tahun kedepan. 

Ada beberapa cara agar anda menjadi orang yang sukses dengan bekerja dahulu lalu kuliah karena menurut pendapat saya jalan inilah yang paling baik, keuntungan orang yang bekerja lalu kuliah adalah dia dapat mengetahui apa kebutuhan dirinya agar menjadi pekerja yang lebih profesionalisme, sebagai contoh : jika anda memilih langsung bekerja dan bidang pekerjaan anda adalah enggenering kelistrikan perusahaan maka anda akan mendapat gambaran saat ingin kuliah akan mengambil jurusan listrik industri, untuk biyaya orang tua anda tidak akan menanggung tetapi anda sendiri yang disisihkan dari gaji bekerja anda. Keuntungan lainya adalah ketika anda bekerja maka anda seperti melakukan praktek kuliah karena materi atau ilmu yang didapat saat kuliah dapat anda langsung terapkan pada saat bekerja, tentunya anda akan menjadi lebih profesional dalam bekerja dan tak diragukan lagi ketika anda lulus kuliah dan menjadi seorang sarjana nanti pangkat anda akan naik dan bukan menjadi seorang pekerja biasa.

Mungkin hanya itu gambaran yang saya berikan ketika anda harus memilih kerja atau kuliah, karena sesungguhnya keputusan ada di tangan anda sendiri karena jalan yang anda ambil maka anda harus benar-benar melaluinya dengan lapang dada.

8 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih