Thursday, October 10, 2013

Materi Fisika Perubahan Wujud Zat Benda

Materi Fisika Perubahan Wujud Zat Benda

Wujud Zat Benda
A. Penjelasan
Unsur di dunia ini ada 3 macam yaitu padat,cair dan gas,  ketiga unsur tersebut merupakan wujud zat benda-benda yang ada di bumi ini,pernahkah kamu mengamati air? Air adalah termasuk benda cair dan pernahkah kamu mengamati es batu? Es batu merupakan benda padat walupun air adalah zat cair. Setiap wujud benda tersebut memiliki beberapa ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda. Selain  karakter dan ciri yang berbeda ketiga unsur yang ada tadi dapat berubah wujud dari wujud semula ke wujud yang lainnya, yang dikenal dengan beberapa istilah yaitu : membeku,mencair, dan menyublim dan lain-lain, istilah perubahan wujud tersebut dapat meninggalkan unsur asli dari wujud tersebut ada juga yang tidak.
Benda Padat
Benda padat adalah benda yang memiliki kerapatan partikel yang sangat rapat dan kuat sehingga tidak ada celah di setiap pori-pori benda padat, oleh karena itu mengapa benda yang termasuk benda padat tidak dapat ditembus oleh air. 
Ciri-ciri benda padat :

  1. Volumenya tetap
  2. Molekulnya rapat
  3. Molekulnya tidak dapat bergerak dengan bebas
  4. Tidak dapat ditembus oleh benda lain.
  5. Tidak dapat berubah bentuk

Benda Cair
Benda cair adalah benda yang memilik kerapatan partikel yang sedang dan tidak terlalu kuat, benda cair juga adalah benda yang memiliki volume yang tetap tetapi dan berubah bentuk.
Ciri-ciri benda cair :

  1. Volumenya tetap
  2. Molekulnya tidak terlalu rapat
  3. Molekulnya bergerak dengan bebas
  4. Dapat ditembus oleh benda lain.
  5. Dapat berubah bentuk mengikuti  dari wadah.

Benda Gas
Benda gas adalah benda yang memiliki kerapatan partikel yang lemah atau tidak rapat sekali dan tarik menarik antar molekul tidak terlalu kuat.
Ciri-ciri benda gas:

  1. Volumenya dapat berubah-ubah
  2. Molekulnya tidak rapat
  3. Molekulnya bergerak sangat bebas
  4. Dapat ditembus benda lain.
  5. Dapat berubah bentik sesuai wadah
B. Perubahan Wujud Zat
Perubahan wujud zat merupakan perubahan wujud zat ke wujud zat yang lain dan mengalami proses perubahan. Perubahan wujud zat bermacam-macam  yaitu : mencair,membeku,mengembun,menkristal,menguap,menyublim.
Mencair
Mencair adalah proses perubahan wujud zat benda padat ke wujud benda zat cair. Contohnya adalah perubahan es batu menjadi air peristiwa tersebut disebut mencair.
Membeku
Membeku adalah proses perubahan wujud zat benda cair ke wujud benda zat padat. Contoh dari peristiwa ini adalah kebalikan dari peristiwa mencair, yaitu : perubahan air menjadi es batu.
Menguap
Menguap adalah proses perubahan wujud zat benda cair ke wujud benda zat gas. Contohnhya adalah ketika kita memasak air maka yang terjadi jika terlalu lama dimasak air yang ada di panci akan terlihat berkurang, karena sebagian air itu menguap ke udara.
Mengembun
Mengembun adalah proses perubahan wujud zat benda gas ke wujud benda zat cair.
Peristiwa ini adalah kebalikan dari peristiwa menguap,yaitu: perhatikan setiap pagi hari daun-daun pohon atau rumput yang ada dilapangan, basah bukan? Hal itu terjadi karena udara yang mengembun dan berada di daun-daun atau rumput setiap harinya.
Mengkristal
Mengkristal adalah proses perubahan wujud zat benda gas ke wujud benda zat padat.
Contohnya adalah berubahnya uap menjadi salju.
Menyublim
Menyublim adalah proses perubahan wujud zat benda padat ke wujud benda zat gas.
Peristiwa ini adalah kebalikan dari peristiwa mengkristal,yaitu : perhatikan kapur barus lama-kelamaan akan habis dan hilang, peristiwa tersebut merupakan proses menyublim.

1 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih