Tuesday, October 28, 2014

IPA Keseimbangan Ekosistem



Keseimbangan Ekosistem
A. Pengertian
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Zaman dahulu dengan zaman sekarang bentuk alam pasti berbeda itu karena perubahan ekosistem. Keseimbangan ekosistem dapat dipengaruhi oleh alam itu sendiri seperti bencana alam (alamiah) dan dapat dipengaruhi oleh ulah manusia. Keseimbangan ekosistem adalah seimbangnya antara unsur biotik dan unsur abiotik, unsur biotik adalah makhluk hidup yang menempati suatu ekosistem seperti tumbuhan,hewan dan manusia sedangkan unsur abiotik adalah non makhluk hidup yang ada di dalam ekosistem seperti batu,air,udara dan lain-lain.
IPA Keseimbangan Ekosistem

Perubahan Ekosistem Secara Alamiah
Bencana alam seperti banjir,gunung meletus dan lain-lain dapat berpengaruh terhadap ekosistem seperti disekitar gunung yang terdapat bayak tumbuhan dan beraneka ragam hewan ketika gunung meletus maka banyak hewan dan tumbuhan yang mati sehingga dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem. Peristiwa alam lainnya yang dapat merusak keseimbangan ekosistem adalah kebakaran hutan yang tak disengaja atau disengaja.
Perubahan Ekosistem Karena Manusia
Manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karena prilaku manusia tersebut dapat merusak keseimbangan ekosistem jika dilakukan secara berlebihan, adapun prilaku manusia yang dapat merusak keseimbangan ekosistem adalah perburuan,penebangan dan lain-lain. Perburuan hewan liar secara berlebihan dapat juga merusak keseimbangan ekosistem dan terputusnya rantai makanan karena hewan yang diburu punah sedangkan makanan dari hewan yang diburu tersebut akan naik populasinnya karena tidak ada yang memangsa sedangkan hewan yang memakan hewan yang diburu tadi akan berkurang populasinnya karena kekurangan makanan.
B. Pengaruh Penggunaan Bahan Kimia Terhadap Lingkungan
Kerusakkan alam dapat juga disebabkan karena beredarnya bahan kimia di alam dimana kadar bahan kimia yang terlalu tinggi dapat membuat kerusakkan lingkungan. Seperti halnya pupuk buatan yang tujuannya digunakan untuk meyuburkan tanah, tetapi jika digunakan secara berlebihan dapat merusak lingkungan dan akan memunculkan pertumbuhan eceng gondok yang sangat cepat. Penggunaan pupuk sebenarnya paling baiak adalah dengan menggunakan pupuk alami yang terbuat dari kotoran hewan ternak. Bahan kimia di alam dapat juga karena ulah manusia yang lain yaitu ketika kita mencucui baju di sungai air sisa ditergen yang kita pakai langsung dibuang kesungai hal ini juga dapat menimbulkan kerusakkan lingkungan.
C. Pemanfaatan Tumbuhan Dan Hewan Oleh Manusia
Manusia dapat memanfaatkan semua yang ada didunia ini untuk memenuhi kebutuhannya baik hewan dan tumbuhan, seperti manusia berburu hewan untuk mendapatkan dagingnya atau lainnya seperti kulit dan gadingnya, tetapi apabila dilakukan secara berlebihan dan memburu hewan yang dilindungi perbuatan tersebut merupakan melanggar hukum. Seperti para pemburu memburu gajah untuk diambil gadingnya yang digunakan untuk hiasan ukiran, tetapi di indonesaia gajah termasuk hewan yang dilindungi karena terancam punah.
Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia adalah salah satu penyebab kerusakkan ekosistem jika di manfaatkan secara berlebihan seperti penebangan liar pohon di hutan lindung, diamana pohon tersebut sangat diperlukan untuk mencegah banjir bandang dan keseimbangan ekosistem yang ada di sekitar hutan lindung tersebut, hutan lindung juga berfungsi untuk menyuplai oksigen dan jika pohon-pohon ynag ada dihutan lindung itu ditebang habis maka akan terjadi kerusakkan lingkungan dimana hewan akan mati dan udara disekitar daerah tersebut akan terasa panas serta akan menimbulkan bencana alam. Tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia adalah tumbuhan obat-obatan yang sangat bermanfaat bagi manusia seperti kunyit,jahe,temulawak dan lain-lain yang memiliki khasiat menyembuhkan penyakit.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih